Amerika Serikat Upgrade Torpedo Mark 48

Torpedo Mark $48 diinstal ke kapal selam. (foto: navy.com)

Amerika Serikat dikabarkan sedang melakukan upgrade torpedo Mark 48, salah satu senjata andalan Angkatan Laut AS, karena mampu melakukan serangan ke permukaan dan di dalam air. Torpedo ini sudah digunakan sejak tahun 1970 oleh kapal selam Amerika Serikat (AS).

Torpedo Mark 48 memiliki spesifikasi: berat 3.695 pon, panjang 19 kaki dan diameter 533 milimeter. Mampu membawa hulu ledak seberat 650 pound jenis PBXN-103  yang berdaya ledak tinggi, jangkauan efektif 35.000 yard, dan dapat diluncurkan pada kedalaman maksimum 2.500 kaki. Memiliki dua sistem bimbingan aktif dan pasif yang mampu mengunci target pada jarak 4.000 yard.

Pentagon menunjuk perusahaan pertahanan Lockheed Martin untuk melakukan upgrade torpedo tersebut. Rencananya versi terbaru yang akan dikeluarkan adalah diberi nama Mark 48s.

Kelebihan dari Mark 48s adalah, torpedo ini akan berjalan lebih stabil di lintasan selama menuju sasaran, dengan sistem propulsi yang ditingkatkan, lebih tahan terhadap penanggulangan senjata elektronik, dan memiliki sistem kontrol pemandu baru yang dikenal sebagai umum Broadband Sonar System, atau CBASS, dan yang diklaim mampu mengunci kapal musuh lebih lama.

(sumber : popularmechanics)

Baca Juga:  Jerman Pilih Hercules C-130 Dibanding Atlas A400M

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan