Amerika Setuju Jual 12 Unit F-35 ke Singapura

Amerika Serikat setuju jual 12 jet tempur siluman F 35B Vertical Take Off (VTOL) ke Singapura senilai 2,75 Miliar USD. Dalam kesepakatan tersebut Singapura berencana untuk menambah kembali pesanan 8 unit jika di kemudian hari merasa puas dengan kinerja F 35B buatan Lockheed Martin itu.

Dikutip dari DSCA (9/1/2020) selain mendapat unit pesawat, Singapura juga akan mendapatkan 13 mesin Pratt Whitney (PW) F 135 untuk cadangan, system peperangan elektronik, Sistem komando, kontrol, navigasi, computer dan Intelejen/Komunikasi, Navigasi dan Identifikasi (C4I/CNI), Autonomic Logistic Information System (ALIS), sistem pelatihan F 35, system inframerah khusus F 35 dan F-35 Performance Based Logistics, software development/integration

Sebelumnya Dephan Singapura mengatakan akan mengganti 60 unit pesawat tempur tua F 16 Block 52 dengan pesawat tempur generasi lima F 35 dalam beberapa tahun kedepan hingga 2030. Menurut Menhan Ng Eng Hen kala itu “pada tahun 2030 armada jet tempur AU Singapura akan mulai ketinggalan jaman, oleh karena itu dalam beberapa bulan kedepan Pemerintah akan membuat keputusan tentang penggantinya”

Kenapa Singapura memilih F 35B yang mempunyai kemampuan lepas landas dan landing vertikal (VTOL)? Ini karena kondisi geografis Singapura yang hanya sebuah pulau kecil seluas 277 km2. Dengan mengoperasikan pesawat berkemampuan VTOL maka tidak membutuhkan lahan yang luas untuk sebuah landasan.

Baca Juga:  Taiwan Ingin Upgrade Pesawat Tempur F-CK-1 Ching-kuo

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan