Amerika Setuju Jual 36 Rudal AMRAAM untuk Indonesia

Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui kemungkinan penjualan peralatan militer asing (Foreign Military Sale – FMS) rudal udara ke udara AIM-120C-7 Advanced Medium Range Air to Air Missiles (AMRAAM), peralatan, pelatihan, dan dukungan logistik ke Indonesia, dengan harga yang diperkirakan adalah sebesar US$ 95 juta. The Defense Security Cooperation Agency menyerahkan sertifikasi yang diperlukan untuk memberitahukan kepada Kongres AS terkait penjualan ini kemungkinan pada tanggal 9 Maret 2016.

Pemerintah Indonesia telah meminta kemungkinan penjualan 36 rudal AMRAAM dan satu Missile Guidance Section AIM-120C-7 . Juga termasuk dalam kemungkinan penjualan lainnya adalah control section support equipment, spare parts, services, logistics, technical contractor engineering dan technical support, loading adaptors, technical publications, familiarization training, test equipment, dan unsur terkait lainnya. Total nilai estimasi MDE adalah sebelah US$ 80 juta dengan keseluruhan nilai total diperkirakan sebesar US$ 95 juta.

Rencana penjualan ini akan memberikan kontribusi pada kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat dengan membantu meningkatkan keamanan salah satu mitra kunci yang telah, dan terus menjadi, sebuah kekuatan penting bagi stabilitas politik dan kemajuan ekonomi di kawasan Asia-Pasifik.


Penjualan yang diusulkan akan meningkatkan kemampuan Indonesia untuk mencegah ancaman regional dan memperkuat pertahanan tanah airnya. Indonesia akan mampu menyerap peralatan tambahan dan dukungan ini ke dalam Angkatan Bersenjatanya.
Kontraktor utama nantinya akan ditentukan dalam sebuah lelang, perjanjian penjualan potensial ini tidak diimbangi dengan imbal jual beli.

Baca Juga:  Pangdam VI/Mulawarman Resmikan Kompi Kavaleri-13/Macan Tutul Cakti

Usulan penjualan peralatan dan dukungan ini tidak mengubah keseimbangan militer dasar di kawasan itu. Pelaksanaan rencana penjualan ini tidak harus memerlukan persetujuan dari setiap Pemerintah AS atau kontraktor perwakilan Indonesia, dan tidak akan berdampak negatif pada kesiapan pertahanan AS sebagai akibat dari rencana penjualan ini.

Sumber : http://www.dsca.mil/major-arms-sales/indonesia-aim-120c-7-advanced-medium-range-air-air-missiles-amraams

1 Trackback / Pingback

  1. Amerika Setuju Jual 36 Rudal AMRAAM untuk Indonesia – Analisis Militer

Tinggalkan Balasan