Amerika Siap Pasok F-35 Ke India Dengan Satu Syarat, Batalkan Pembelian S-400

Amerika Serikat siap menawarkan pesawat tempur F-35 generasi kelima untuk angkatan udara dan angkatan laut, namun syaratnya, India harus membatalkan pembelian S-400 dari Rusia senilai $ 5,43 miliar, demikian dilansir Economic Times (8/6/2019).

Sama seperti Turki saat ini India juga sedang menyelesaikan tahap akhir pembelian S 400 Triumph yang telah ditandatangani pada Oktober 2018 lalu dan sama seperti Turki juga India pun mendapat ancaman CAATSA namun India juga tidak bergeming.

Namun demi melihat potensi pasar militer yang begitu besar di India ( AU India saat ini masih mencari 100 lebih pesawat dan AL India juga sedang mencari 57 pesawat tempur), AS akhirnya menahan diri untuk tidak menjatuhkan sanksi kepada India seperti halnya Turki. Oleh karena itu untuk mengambil hati pejabat India AS pun menawarkan jet F35.



Sebagai tambahan iming-iming, AS juga menawarkan sistem Hanud NASAMS, Terminal High Altitude Air Defence (THAAD) dan MIM 104 PAC 3 Patriot, dua nama terakhir disebut-sebut setara dengan kemampuan S 400 walaupun secara harga lebih mahal. |
Sumber : Economic Times

Baca Juga:  Batalyon 18 Rejimen Askar Melayu Diraja (RAMD) Malaysia Ditingkatkan Menjadi Batalyon Infanteri (Para)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan