Anggaran Minim, Langit Argentina Tanpa Jet Tempur

Argentina memilih mengosongkan wilayah langit mereka daripada menderita karena APBN yang terus defisit.  Mereka memilih menunda pembelian pesawat tempur baru daripada memaksakan belanja uang negara yang akan menyebabkan inflasi karena defisit. 

Adalah Menteri Pertahanan Argentina Julio Martinez yang mengumumkan (01/02/2017) bahwa Presiden Mauricio Macri memilih untuk menunda pembelian pesawat tempur baru untuk menggantikan Lockheed Martin (McDonnell Douglas) A-4AR Fighting Hawk milik AU Argentina.

Jet tempur A-4AR Fighting Hawk sendiri dijadwalkan pensiun tahun 2018 karena usianya yang sudah tua dan madalah suku cadang.

Ini adalah kali kedua jenis jet tempur Argentina yang pensiun tanpa pengganti. 


Sebelumnya armada jet tempur Dassault Mirage FAA juga sudah pensiun pada bulan November 2015 tanpa pengganti.


Keputusan tersebut dibuat karena masalah ekonomi Argentina, dan menurut Martínez, tidak akan ada pengadaan pesawat baru dalam waktu dekat, setidaknya sampai situasi fiskal kembali membaik.

Tahun lalu, Argentina dikabarkan sedang melanjutkan negosiasi untuk mengakuisisi 12-14 unit jet tempur Kfir Blok 60 upgrade buatan Israel. Lalu awal Januari 2017, Argentina sempat tertarik untuk mengakuisisi jet tempur MiG-29.

Urusan pertahanan memang terkadang simalakama, di belahan lain dunia, ada pemerintah yang membiarkan rakyatnya hidup susah karena menyisihkan anggaran belanja pertahanan yang kelewat besar.

Baca Juga:  Kapal Selam Jin China, Bisa Bawa 12 Rudal Nuklir Yang Mampu Menjangkau Wilayah Amerika Serikat 

Tinggalkan Balasan