Anggaran TNI Naik Tertinggi Dalam RAPBN 2022

Anggaran Kementerian Pertahanan yang menaungi TNI menempati posisi utama sebagai kementerian dan lembaga yang mendapat porsi dana terbesar di tahun 2022.

Dari sebanyak 87 kementerian dan lembaga yang tercatat dalam alokasi belanja pemerintah ini, Kementerian Pertahanan tercatat sebagai penerima anggaran terbesar yakni Rp 133,9 triliun.

Dari total alokasi anggaran, porsi dana di kementerian Prabowo adalah yang terbesar. Anggaran tersebut naik cukup tinggi dari alokasi 2021 sebesar Rp 118,2 triliun menjadi 133 trilliun.

Adapun urutan kedua diisi oleh institusi Polri dengan anggaran Rp 111 triliun. Anggaran ini juga naik dari tahun 2021 sebesar Rp 96,9 triliun.

Sedangkan 3 kementrian yang selama ini jadi prioritas, mengalami penurunan.

Kementerian PUPR dengan anggaran Rp 100,6 triliun. Dana ini sebetulnya mengalami penurunan dari tahun 2021 yang tercatat Rp 130,5 triliun. Ini mengejutkan karena selama ini Presiden Jokowi sangat getol menggelontorkan dana untuk pembangunan infrastruktur.

Kementerian Kesehatan sendiri berada di urutan keempat dengan total dana belanja sebesar Rp 96,1 triliun. Dana ini turun nyaris setengah dari alokasi tahun ini Rp 176 triliun. Padahal pandemi corona masih belum reda.

Demikian juga Kementerian Sosial ada di peringkat selanjutnya dengan dana yang dikucurkan Rp 78,3 triliun. Anggaran tersebut juga turun dari total outlook tahun 2021 Rp 106 triliun.

Patut ditunggu apa alutsista yang akan dibeli oleh Menteri Pertahanan Prabowo di tahun depan untuk TNI.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan