Angkatan Udara Amerika Masih Menang Mutlak dari Rusia dan China

Sebuah studi yang dirilis oleh FlightGlobal pada Rabu (11/12/2019) mengungkapkan bahwa angkatan udara Amerika Serikat ( AS) unggul jauh dari Rusia dan China.

Berdasarkan data tersebut, AS berada di peringkat pertama dengan jumlah pesawat yang mereka miliki 13.266, baik fixed maupun rotary wing.

Jumlah itu terdiri dari enam jenis pesawat: pesawat tempur, pesawat misi khusus, pengisi bahan bakar, pesawat transportasi, ditambah helikopter tempur, maupun pesawat serta helikopter latih.

Sedangkan Rusia di peringkat kedua “hanya” memiliki kurang dari sepertiga armada pesawat tempur AU AS.

Rusia berada di peringkat kedua dengan 4.163 pesawat militer dan helikopter. China di urutan ketiga dengan 3.210 pesawat.

Angkatan udara negara di bawahnya adalah India (2.123), Korea Selatan (1.649), Jepang (1.561), Pakistan (1.372), Perancis (1.229), Turki (1.055), dan Mesir (1.054).

Meski AS berada di daftar teratas, sejatinya kawasan Amerika Utara mengalami penurunan kekuatan angkatan udara sebesar satu persen dalam setahun terakhir.

Afrika juga turun satu persen. Sementara pasukan udara Amerika Selatan menurun hingga empat persen dalam periode yang sama.

Region Asia-Pasifik serta Eropa tidak berubah. Namun, Timur Tengah naik satu persen. Kemudian Rusia dan Persemakmuran meningkat dua persen.

Nah gimana? masihkah memuja kekuatan AU Rusia?

Baca Juga:  Daripada Jadi Rongsokan, Swiss Ingin Jual Balik 22 Pesawat F-5 Tiger ke Amerika

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan