Angkatan Udara AS Pensiunkan Pesawat Angkut C-5A Galaxy Terakhirnya

Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) telah memensiunkan pesawat angkut militer strategis Lockheed C-5A Galaxy terakhirnya dari kedinasan.

Pesawat angkut bernomor registrasi 70-0461 tersebut, meninggalkan Westover Air Reserve Base menuju boneyard di Pangkalan Angkatan Udara Davis-Monthan, Arizona pada 7 September, di mana pesawat itu dinonaktifkan setelah pensiun.

Pada awalnya pesawat itu seharusnya menjadi bagian koleksi museum Angkatan Udara AS di Pangkalan Angkatan Udara Wright-Patterson, Ohio. Tapi museum itu tidak dapat menampung pesawat terbang tersebut, sehingga dialihkan ke boneyard di Davis-Monthan AFB. Boneyard adalah bagian dari Davis-Monthan AFB yang dikhususkan untuk penyimpanan pesawat bekas operasional Angkatan Udara AS.


Lockheed C-5 Galaxy adalah pesawat angkut militer besar yang pada awalnya dirancang dan dibangun oleh Lockheed, dan sekarang dipelihara dan diupgrade oleh penerusnya, Lockheed Martin. Pesawat ini adalah salah satu pesawat militer terbesar di dunia.

C-5 Galaxy menyediakan Angkatan Udara Amerika Serikat dengan kemampuan angkut berat strategis antar benua, yang dapat membawa beban yang besar, termasuk semua jenis kargo yang air-certifiable.

Galaxy memiliki banyak kesamaan dengan pendahulunya Lockheed C-141 Starlifter yang lebih kecil dan kemudian dengan Boeing C-17 Globemaster III.

C-5 adalah pesawat kargo sayap besar dengan high T-tail fin stailizer yang khas dan dengan empat mesin turbofan TF39 yang terpasang pada pylon di bawah sayap.

Baca Juga:  Rusia: Jika Sembrono di Semenanjung Korea, Bisa Timbul Bencana

Sementara itu, AU AS direncanakan masih akan mempertahankan armada sebanyak 52 pesawat C-5M Super Galaxy pada tahun 2017 ini. C-5M Super Galaxy adalah versi upgrade dengan mesin baru dan avionik modern yang dirancang untuk memperpanjang masa aktifnya hingga melampaui tahun 2040.


Sumber : defpost.com, en.wikipedia.org, TSM
Foto : Lockheed C-5A Galaxy USAF 70-0461 pada jetphotos.net

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan