Angkatan Udara India Borong 15 Drone Bunuh Diri Israel

Angkatan Udara India telah mengambil keputusan untuk mengakuisisi 15 drone serang anti-radiasi HAROP dari Israel, yang mampu melakukan serangan bunuh diri menabrak target sasaran musuh yang bernilai tinggi, sehingga meningkatkan kemampuan perang tak berawak India.

Ke-15 drone yang akan diperoleh India adalah drone anti-radiasi, yang dilengkapi dengan sensor elektro-optik, yang mampu menghancurkan sasaran militer bernilai tinggi (seperti pangkalan pengawasan dan stasiun radar) dengan menghancurkan diri di dekat fasilitas tersebut. HAROP dikembangkan oleh Israel Aerospace Industry (IAI) yang dapat beroperasi secara mandiri (menggunakan anti-radar homing system), atau dikendalikan dari jarak jauh.


Drone ini telah dirancang untuk memiliki jejak radar minimal, untuk melakukan operasi secara stealth (menghindari sistem SAM dan sistem radar). Drone ini juga mampu kembali dan mendarat kembali di pangkalan jika tidak digunakan untuk menghancurkan sasaran.


Militer India sudah memiliki sekitar 100 UAV, tersebar di antara tiga komponennya, dan pembelian ini akan meningkatkan kemampuan tak berawaknya. Untuk drone yang telah ada, India mempertimbangkan kemitraan dengan Israel untuk meningkatkan kemampuan pengawasan mereka, dengan mengubahnya menjadi drone serang berkualitas tinggi.

Selain itu, India juga diketahui tengah mengerjakan pengembangan drone tempur dalam negeri untuk menghemat biaya akuisisi UAV dan UCAV.

Sumber : airrecognition.com, TSM Angga Saja

Baca Juga:  Turki Dirayu Tukar S-400 Dengan Rudal Patriot

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan