Anka, Pesawat Tempur Tanpa Awak Buatan Turki Sukses Jalani Misi Tempur Pertama

Anka, Drone Tempur atau Pesawat Tempur Tanpa Awak buatan Turki sukses jalani misi tempur pertama. Demikian dikatakan Menteri Muda Urusan Industri Pertahanan Turki (SSM) Ismail Demir.

“Drone ANKA-S yang telah kami kirimkan kepada Komando Angkatan Udara Turki, telah sukses melaksanakan misi tempurnya,” tulisnya pada 21 Januari.

Untuk diketahui, Unmanned Aircraft Vehicle (UAV) atau Drone ini sedang bersaing dengan pesawat sejenis dari China untuk dipinang TNI. Baca Disini (Pilih Buatan China atau Turki)

Anka buatan Turkish Aerospace Industries (TAI) ini dikirimkan ke TAF pada periode 8-10 Januari 2019.

Sebelumnya, pada 17 Agustus 2018 ANKA-S telah berhasil melaksanakan uji penembakan pertama persenjataannya. Saat itu ANKA melepaskan munisi MAM-L (Micro Length Munition) buatan Roketsan.


Kemudian pada September 2018, Demir membagikan foto lagi yang memperlihatkan ANKA-S dilengkapi sistem optik CATS buatan Aselsan.

Dikutip dari Yeni Safak, Angkatan Bersenjata Turki saat ini telah menggunakan produk-produk dalam negeri dengan prosentase di kisaran 65%. Hingga 2019 ini ditargetkan TAF akan menerima 10 ANKA-S.

ANKA-S dirancang mampu beroperasi pada siang dan malam hari. Wahana udara ini dapat melaksanakan misi pengintaian, pengamatan, deteksi target diam maupun bergerak, identifikasi, penjejakan, dan pengiriman gambar intelijen secara langsung.

UAV jenis Medium Altitude Long Endurance (MALE) yang bersifat otonomus ini mampu membawa 200 kg muatan dan terbang hingga ketinggian 30.000 kaki selama 24 jam nonstop. Jarak jangkaunya mencapai 200 km.

Baca Juga:  J-Alert Berfungsi Optimal Warga Jepang Kaget

ANKA-S berukuran panjang 8 meter dan bentang sayap 17,3 meter. Beragam peralatan pendukung operasinya dapat dimobilisasi menggunakan pesawat sekelas C-130 Hercules.

Nah kalau sudah begini bagaimana? mau pilih buatan Turki atau buatan China untuk TNI.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan