Arab Saudi Ancam Serang Qatar Jika Nekad Membeli S-400 dari Rusia

Arab Saudi mengeluarkan ancaman untuk melakukan tindakan militer kepada Qatar bila negara Teluk tersebut terus melanjutkan program akuisisi rudal S-400 Rusia.

Harian Le Monde pada hari Jumat minggu lalu menyebutkan bahwa Riyadh telah meminta presiden Perancis, Emmanuel Macron untuk melakukan intervensi membatalkan akuisisi tersebut dalam rangka menjaga stabilitas regional di kawasan Teluk.

Menurut Kementerian Luar Negeri Perancis, belum ada tanggapan dari kantor kepresiden Perancis atas permintaan tersebut.

Arab Saudi yang didukung beberapa negara Teluk lainnya seperti Bahrain dan Uni Emirat Arab telah memutuskan hubungan dengan Qatar sejak bulan Juni tahun lalu atas tuduhan Qatar mendukung kelompok Islam Radikal dan menjalin hubungan terlalu dekat dengan Iran yang merupakan rival utama Arab Saudi di kawasan tersebut.

Pemutusan hubungan tersebut diikuti sangsi ekonomi atas Qatar yang tetap menolak semua tuduhan Arab Saudi.

Dalam kondisi terisolasi dari tetangga-tetangga di Teluk, salah satu upaya Qatar antara lain membuka hubungan dengan beberapa negara termasuk Rusia.


Pada bulan Januari 2018, Qatar mengumumkan tengah dalam pembicaraan dengan Moscow untuk mengakuisisi sistem rudal S-400.

Harian Le Monde menyebutkan dalam surat yang dikirim Arab Saudi ke presiden Perancis, raja Salman menyampaikan keprihatinan mendalam atas rencana akuisisi S-400 yang dibicarakan Doha dan Moscow.


Selain itu juga Arab Saudi memberikan peringatan resiko terjadinya peningkatan ketegangan akibat akuisisi tersebut. Disebutkan bahwa Arab Saudi akan siap melakukan segala cara guna mengeliminasi sistem senjata baru tersebut (S-400) termasuk menggunakan tindakan militer.

Baca Juga:  Jet Tempur MiG-35 Dibekali Radar Baru Zhuk-Ame

English Version at : Daily Sabah, 02.06.18
https://www.dailysabah.com/mideast/2018/06/02/saudi-threatens-military-action-against-qatar-over-russian-s-400-missiles-sale-report

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan