Arab Saudi Bantah Mendapat Subsidi Militer dari Amerika Serikat

Kerajaan Arab Saudi langsung bereaksi terhadap pernyataan dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, bahwa selama ini , AS memberi subsidi terhadap militer kerajaan kaya minyak tersebut.

Pangeran Mohammed bin Salman, calon pewaris tahta kerajaan Arab Saudi menepis pernyataan tersebut dalam wawancara dengan Bloomberg hari Jumat (5/10).

Pangeran Mohammed menegaskan bahwa selama ini Arab Saudi membeli dengan harga normal semua senjata dari Amerika Serikat, tanpa subsidi atau potongan harga khusus. Dia juga menegaskan bahwa sejak hubungan antara kedua negara dimulai Kerajaan membeli segalanya dengan uang.


Pekan lalu Trump bertanya dalam satu rapat “kalau negara kaya seperti Arab Saudi, Jepang dan Korea Selatan, mengapa kita harus mensubsidi militer mereka? Mereka harus membayar kita. Masalahnya tidak ada yang pernah menanyakan itu,” katanya menambahkan.

Pangeran Mohammed tidak membesar-besarkan kalaupun ada perselisihan dengan Trump, hanya mengatakan hubungan antara kedua negara tetap kuat.


“Anda harus dapat menerima tiap kawan akan mengatakan yang baik dan yang buruk. Jadi tidak ada kawan yang 100% mengatakan yang baik saja tentang anda. Tentu akan ada salah pengertian,” ujar Pangeran Mohammed seperti dilansir oleh VOA Indonesia.

Baca Juga:  Boeing: F-18 Super Hornet Cocok dengan Kapal Induk AL India

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan