Arab Saudi Luncurkan Kapal Perang Baru Kelas Korvet Buatan Spanyol

Menurut tweet dan informasi yang diterbitkan oleh Saudi Press Agency pada 14 November 2020, Anghkatan laut Kerajaan Arab Saudi (Royal Saudi Naval Forces) telah secara resmi meluncurkan korvet baru Avanti 2200 yang diberi nama HMS Al-Dariyah, dirancang dan dibangun oleh pembuat kapal Spanyol Navantia.

Acara peluncuran dilakukan bersamaan di Markas Besar Angkatan Laut Saudi dan galangan kapal Navantia di San Fernando, Cadiz, Spanyol dengan media daring.

Korvet tersebut secara resmi bernama HMS Al-Dariyah dan merupakan kapal kedua dalam proyek Sarawat.Pada 12 Juli 2018, pemerintah Kerajaan Arab Saudi menandatangani kontrak dengan galangan kapal Spanyol Navantia untuk pembangunan lima korvet senilai € 1,8 miliar.

Ini adalah kontrak terbesar dalam sejarah galangan kapal publik Spanyol tersebut dengan pelanggan asing.Kontrak yang telah dinegosiasikan oleh kerajaan Arab Saudi mulai tahun 2015 tersebut, akan membutuhkan tenaga kerja global sekitar 7 juta jam untuk galangan kapal di Teluk Cadiz, Muara Ferrol dan Cartagena, serta untuk industri pendukungnya.

Selain itu, Navantia akan bertanggung jawab atas Support to the Life cycle selama lima tahun, mulai dari pengiriman kapal pertama, dengan opsi hingga lima tahun tambahan lainnya.

Korvet Saudi tersebut didasarkan pada desain AVANTE 2200, yang disesuaikan dengan kebutuhan Arab Saudi, menawarkan peralatan yang canggih, kinerja luar biasa di laut, kapasitas bertahan hidup yang tinggi, dan kapasitas operasi pada suhu ekstrem seperti wilayah Teluk, semua ini dengan biaya siklus hidup yang ideal.

Baca Juga:  Israel Ungkap Kegagalan Rudal Patriot Lindungi Kilang Minyak Saudi Dari Serangan

Korvet Avante 2200 memiliki panjang keseluruhan 98,9 m, lebar maksimum 13,6 m, dan draft 3,8 m. Dengan kapasitas beban penuh sekitar 2.470 ton, kapal ini dapat menampung hingga 111 pelaut.

Desain korvet adalah generasi pertama, memaksimalkan partisipasi Navantia secara bersamaan dengan menggabungkan produknya sendiri sebagai sistem tempur CATIZ, sistem komunikasi terintegrasi HERMESYS, radar and optronic fire direction DORNA, Integrated System of Control of Platform, integrated bridge MINERVA dan mesin dan gearbox yang lebih simpel.

Persenjataan yang dapat dibawa oleh korvet Avante 2200 diantanya adalah:2×4 rudal anti kapal Boeing Harpoon Block II
16 rudal permukaan-ke-udara Raytheon ESSM
1x 76 mm Leonardo Super Rapid main gun system
1x 35mm Rheinmetall Oerlikon Millennium CIWS
2×3 peluncur torpedoSumber: navyrecognition.com/TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan