Arab Saudi Luncurkan Pesawat Tempur Hawk Advance Buatan Dalam Negeri

Arab Saudi meluncurkan pesawat latih tempur pertama BAE Systems Hawk Mk 165 Advanced Jet Trainer (AJT) buatan dalam negeri dengan lisensi dari Inggris. Ini adalah pesawat pertama dari rencana 22 pesawat yang akan dibuat oleh Arab Saudi

Dalam peluncuran yang dilakukan di King Abdulaziz Air Base di Provinsi Timur. Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang hadir menandai peristiwa ini sebagai tonggak penting dalam program Visi 2030 untuk keahlian teknis dan pertumbuhan ekonomi.

Hawk, pesawat latih yang juga bisa menjadi pesawat tempur ringan ini sudah sejak lama memperkuat Angkatan Udara Arab Saudi. Sejak 1998 Hawk 65 dan 65A telah memperkuat negeri petro dollar tersebut.

Tahun 2015, Arab Saudi meneken kontrak baru untuk pembelian 22 unit Hawk 165 AJT atau yang disebut Advanced Hawk. Mereka juga meminta BAE Inggris agar perakitan dilakukan di dalam negeri untuk alih teknologi.


Banyak kecanggihan ditemukan di pesawat yang disebut BAE sebagai Advanced Hawk. Seperti dapur pacu, menggunakan mesin turbofan Rolls Royce Adour Mk.951 dengan daya dorong 6.500 lb, menggantikan Adour Mk.871 yang lazim digunakan Hawk selama ini.


Mendapat mesin baru, Hawk seri terbaru ini bahkan dapat disandingkan dengan pesawat tempur F-16 dalam hal kemampuan manuver.

Baca Juga:  Tank Leopard Jadi Juara Dalam Lomba Tank Eropa

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan