Arab Saudi Minta Qatar Serahkan Yusuf Qardawi

Negara Arab merilis daftar nama pendukung teroris yang terkait dengan Qatar dan mensaratkan ekstradisi. Inilah alasan utama mereka memutuskan hubungan diplomatik dengan negara yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Dalam pernyataan bersamanya, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Bahrain melansir 59 nama, termasuk pemimpin Ikhwanul Muslimin, Yusuf Qardawi, serta 12 entitas, di antaranya Qatar Charity dan Eid Charity.

Daftar tersebut juga mencakup nama-nama besar lainnya, termasuk mantan komandan militan Libya, Abdel Hakim Belhadj dan tokoh Salafi, Wagdi Ghoneim.


Deretan nama ini menambah panjang daftar nama oknum terkait teroris yang sebelumnya sudah dilansir oleh Saudi dan Uni Emirat Arab pada 2014 lalu.

Diberitakan Reuters, pernyataan ini pun membuat Doha kian terisolasi pasca Saudi dan sejumlah negara Teluk lain memutuskan hubungan dengan alasan Qatar mendukung kelompok teroris dan Iran, musuh bebuyutan di kawasan.


Bukan hanya hubungan diplomatik, Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain juga menutup seluruh akses perhubungan dengan Qatar. 

Namun keluarga Dinasti Al-Thani sepertinya akan menolak permintaan di atas dan akan tetap melanjutkan perlindungan mereka untuk Yusuf Qardhawi.  Keluarga kerajaan Qatar bahkan memamerkan foto sang Raja Tamim Bin Hamad sedang menyium kening Yusuf Qardawi disaksikan oleh para pangeran utama lainya.

Advertisements
Baca Juga:  Arab Saudi Sewa Tentara Bayaran Blackwater Untuk Gulingkan Raja Qatar

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan