Arab Saudi Terbukti Gunakan Bom Cluster di Yaman

Pemerintah Inggris mengkonfirmasi bahwa Arab Saudi dan koalisinyantelah menggunakan bom cluster dalam perang di Yaman. Staff kementrian pertahanan Inggris, Michael Fallon mengkonfirmasi bahwa bom cluster yang digunakan Saudi berasal dari pesanan tahun 1980-an.
Sejak tahun 2010, Inggris telah melarang ekspor bom cluster ke luar negeri, terutama pada negara dengan catatan HAM buruk.

Partai Buruh mengkritik keras ulah Saudi dan menekan pemerintah untuk mengambil tindakan tegas atas penggunaan bom Cluster ini.

Inggris selama ini mendukung pada aksi Saudi dan koalisinya dalam memerangi pemberontak Houthi di Yaman.

Fallon sendiri mengatakan bahwa Inggris sudah menghentikan pasokan Bom Cluster sejak 1989 ke Arab Saudi, tapi dia menjamin akan menghukum Saudi atas penggunaan bom BL-755 tersebut dan menjamin mereka tak menggunakanya lagi.

Pihak Saudi mengklaim bahwa bom clusterhanya digunakan pada sasaran yang pas dan tepat pada target militer saja.

“Bom ini hanya digunakan untuk menghancurkan sasaran militer musuh untuk menjamin keamanan warga Saudi yang terus menerus diserang roket dari milisi Houthi,” bantah pihak militer Saudi dalam rilis resminya.

Bom cluster atau bom tandan atau bom curah adalah bom yang memiliki mekanisme unik dimana setelah diluncurkan dari pesawat tempur atau bomber, bom akan pecah menjadi ratusan bom kecil berupa kaleng. Yang bahaya, tidak semua dari bom curah meledak. Bentuknya yang apik membuat anak kecil tertarik untuk menjadikanya mainan lalu meledak.

Pada awalnya bom ini diciptakan untuk menghancurkan landasan pacu pangkalan udara, konvoi kendaraan lapis baja atau untuk membubarkan konsentrasi pasukan darat. Namun dalam prakteknya, bom ini sekarang lebih sering digunakan untuk menghancurkan wilayah kota atau desa untuk menghasilkan kehancuran yang luas.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan