Argentina: Kapal Selam Yang Hilang Sudah Mencoba Kontak 7 Kali

Kapal selam ARA San Juan milik militer Argentina dilaporkan hilang bersama 44 awak setelah mengalami masalah komunikasi. Foto/REUTERS/Armada Argentina

Awak kapal selam militer Argentina yang hilang mencoba untuk menghubungi pangkalan angkatan laut sebanyak tujuh kali. Hal itu diungkapkan oleh Kementerian Pertahanan Argentina.

“Panggilan itu dilakukan pada hari Sabtu ke basis yang berbeda antara pukul 10:52 pagi dan 3:42 siang dan berkisar antara empat sampai 36 detik,” kata kementerian tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan. Meski begitu tidak ada koneksi komunikasi yang terjalinseperti dikutip dari CNN, Minggu (19/11/2017).

Angkatan laut mengatakan militer bekerja dengan perusahaan berbasis di Amerika Serikat (AS) yang mengkhususkan diri dalam komunikasi satelit untuk menentukan lokasi kapal selam. Kapal selam tersebut telah hilang selama lebih dari tiga hari.

Kapal selam ARA San Juan dan 44 awak kapal melakukan perjalanan melalui Samudra Atlantik dari sebuah pangkalan di kepulauan Tierra del Fuego, jauh selatan Argentina, ke pelabuhan asalnya di Mar del Plata. Kapal tersebut dijadwalkan tiba di tempat tujuan pada hari Minggu.

Kapal selam itu terakhir terlihat pada Rabu di Teluk San Jorge, beberapa ratus kilometer di lepas pantai wilayah Patagonia selatan Argentina dan hampir berada di tengah-tengah pangkalan.


Berita tentang pencarian tersebut terdengat hingga ke Vatikan. Paus Francis, seorang penduduk asli Argentina dan mantan uskup agung Buenos Aires, melayangkan doa untuk ke-44 perwira di atas kapal ARA San Juan dalam sebuah pesan yang dikeluarkan atas namanya Sabtu oleh Kardinal Pietro Parolin, sekretaris negara Vatikan.

Baca Juga:  Gagal Beli dari Perancis, Rusia Sesumbar Siap

“Paus Francis mendorong usaha untuk menemukan kapal tersebut dan meminta agar kedekatannya disampaikan kepada keluarga mereka dan otoritas militer serta sipil negara ini pada saat-saat sulit ini,” bunyi pesan tersebut.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan