Armada Jaya 2016 Tolok Ukur Pembinaan TNI AL

Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, menegaskan bahwa latihan puncak Armada Jaya XXXIV/2016 akan dijadikan tolok ukur dari pembinaan TNI AL selama ini. Sebagai kepala staf matra, salah satu tugas pokoknya adalah membina unsur kekuatan matra agar siap setiap saat jika digelar panglima TNI.

“Karena itu, saya menggelar apel kesiapan pasukan sebelum mereka berangkat melaksanakan kegiatan,” katanya, setelah melaksanakan inspeksi personel dan material tempur di Komando Armada Indonesia Kawasan Timur TNI AL, Surabaya, Jumat. Dia didampingi Panglima Komando Armada Indonesia Kawasan Timur TNI AL, Laksamana Muda TNI Darwanto.

Armada Jaya 2016 akan berlokasi di Laut Jawa dan Pantai Banongan pada 13-17 September 2016. Latihan ini meliputi proses perencanaan militer hingga persiapan operasi serta keterpaduan Sistem Senjata Armada Terpadu TNI AL.


Baca juga: – Armada Jaya Awali Taktical Game 3D


Sebelumnya telah dilaksanakan gladi pos komando selama delapan hari pada 1-8 September 2016, di Pusditek Komando Pendidikan dan Latihan TNI AL, Surabaya.

Rencananya, Presiden Joko Widodo akan menyaksikan akhir dari latihan yang melibatkan lebih dari 7.000 personel, 40 kapal perang, delapan pesawat udara, dan arsenal dari Korps Marinir TNI AL, serta akan menguji kemampuan peluru kendali R-705, C-802, dan torpedo permukaan.
Baca Juga:  TNI Kembali Juarai Lomba Menembak ASEAN ke-27 di Singapura

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan