AS Ancam Beri Sanksi Pada Penjual Senjata ke Iran

Amerika Serikat (AS) tetap tidak rela Iran bebas dari embargo senjata. Setelah PBB mencabut, AS tetap berusaha agar Iran susah untuk membeli senjata dan mengancam setiap negara yang menjual senjata ke Iran.

Dilansir AFP, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat ( AS) Mike Pompeo pada Minggu (18/10/2020) telah mengancam, siapa pun yang menjual senjata ke Iran akan melanggar resolusi PBB dan bisa berakibat sanksi.

“Amerika Serikat siap menggunakan otoritas domestiknya untuk memberikan sanksi kepada individu atau entitas mana pun yang secara material berkontribusi pada pasokan, penjualan, atau transfer senjata konvensional ke atau dari Iran,” kata Pompeo dikutip dari AFP.

“Setiap negara yang mencari perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah dan mendukung perang melawan terorisme harus menarik diri dari transaksi senjata dengan Iran.”

Embargo penjualan senjata konvensional ke Iran resmi dicabut PBB pada 18 Oktober di bawah ketentuan resolusi PBB. Iran dan China telah siap menjual senjata ke sana.

Dicabutnya embargo ini akan meningkatkan perlombaan senjata di kawasan teluk. Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Qatar telah menjadi pembeli senjata terbesar di Dunia sekaligus musuh abadi Iran.

Baca Juga:  AU Malaysia Sedang Mengaudit Untuk Menentukan Pilihan Pesawat MPA dan UAV

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan