AS Bakal Jual Jet Tempur Senilai $20 Milyar untuk Qatar, Kuwait dan Bahrain

Amerika Serikat dikabarkan tengah menyetujui penjualan pesawat tempur senilai $20 miliar produksi Boeing dan Lockheed Martin ke Qatar, Kuwait dan Bahrain.

Di antara jenis jet tempur dalam penjualan tersebut adalah: 72 pesawat Boeing F-15 ke Qatar dan 32 pesawat F/A-18 E/F ke Kuwait. Sementara Lockheed mendapat proyek penjualan sebanyak 19 pesawat F-16 ke Bahrain.

Penjualan jet tempur itu sempat tertunda karena pengaruh Israel yang merasa keberatan dengan perlombaan alutsista negara-negara Arab yang menjadi musuh mereka.


Sebuah draft telah masuk ke komite urusan luar negeri di kongres dan senat pada hari Rabu (28/09) untuk memulai kajian awal yang akan berlangsung selama 40 hari, kata seorang pejabat. Notifikasi tersebut yang akan mengawali review resmi selama 30 hari.


Penjualan pesawat tersebut terlaksana untuk memenuhi janji Presiden Barack Obama dan Pentagon untuk memperkuat persenjataan sekutu AS di Timur Tengah.

Mereka para sekutu AS di Timur Tengah merasa tidak nyaman setelah AS menyetujui penjualan senjata ke Iran saingan regional mereka, dalam paket peringan sanksi ekonomi internasional sebagai imbalan untuk pembatasan program nuklirnya.

Qatar mengajukan proposalnya pada bulan Juli 2013 dan Kuwait membuat permintaan pada bulan April 2015. Sementara Bahrain baru saja mengajukan permintaan.

Penjualan pesawat tersebut kemungkinan bernilai $12 miliar untuk pesawat saja, dan $20 miliar bila termasuk suku cadang, dukungan logistik dan amunisi, kata Richard Abu Lafia, seorang analis kedirgantaraan untuk Grup Teal di AS. Penjualan itu akan membantu lini perakitan tetap terbuka untuk pesawat-pesawat lama, seperti yang di St Louis di mana Boeing membangun F-15, karena pembelian pesawat tempur oleh AS sudah bergeser ke pesawat baru Lockheed Martin F-35. (defenseworld.net)

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan