Atlantik Trident: Pesawat Tempur AS, Perancis dan Inggris Berlatih Tempur Hadapi Sukhoi Terbaru

Pesawat tempur Su-34 saat dipamerkan di Malaysia. Sumber: avionist.com

Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS) dijadwalkan akan kembali menggelan latihan perang udara bersama Angkatan Udara Inggris dan Perancis bertajuk Atlantik Trident-17.

Latihan ini akan melibatkan pesawat tempur tercanggih F-22 Raptor dan F-35 Joint Strike Fighters milik AS serta Eurofighter Typhoon Inggris dan Dassault Rafale Perancis. Selain itu, F-15E Strike Eagle dan pesawat Boeing E-3 AWACS juga akan ikut berpartisipasi.

Tujuan dari latihan ini adalah meningkatkan integrasi operasi pesawat sekutu NATO. Antara pesawat tempur canggih dari generasi kelima milik AU AS, seperti F-22 dan F-35 dengan sekutunya pesawat tempur generasi keempat seperti Typhoon, Rafale dan F-15E dalam menghadapi ancaman pesawat tempur mutakhir dan paling berbahaya.

Dalam Latihan gabungan ini AU AS akan berlatih pertempuran udara yang realistis menghadapi musuh yang seimbang.


“Meskipun kami telah berperang bersama selama puluhan tahun di Timur Tengah dan di tempat lain, latihan ini akan memberi kita kesempatan untuk memperbaiki keterampilan kita dalam bekerjasama menghadapi ancaman mutakhir,” kata Kolonel Peter Fesler, Komandan Fighter Wing 1.


Yang akan menjadi pesawat decoy musuh adalah pesawat tempur F-15E. Pesawat ini diharapkan bisa memberikan perlawanan paling realistis sebagaimana pesawat tempur musuh paling canggih-seperti versi terbaru dari Flanker/Sukhoi Su-30 yang mungkin akan dihadapi NATO.

sumber: Scott

Baca Juga:  Pilot Sukhoi Su-57 Dilengkapi Baju Anti Gravitasi

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan