AU Afghanistan Terima Lima Tambahan Helikopter MD-530F

Kontraktor pertahanan AS yang berpusat di Arizona, MD Helicopters, Inc., mengumumkan pengiriman batch yang terdiri dari lima helikopter serang ringan Cayuse Warrior MD-530F kepada Angkatan Udara Afghanistan (AAF) pada 22 November lalu.

Menurut sebuah pernyataan pers, helikopter serang ringan dikirim ke Kandahar dengan pesawat kargo Boeing 747 pada 27 Oktober dan dirakit kembali untuk dinas aktif dalam waktu sepuluh hari.

Kelima MD-530F adalah bagian dari batch lanjutan sejumlah 30 helikopter yang dipesan oleh Angkatan Darat AS berdasarkan kontrak Foreign Military Sales (FMS) senilai $ 1,4 miliar yang dikeluarkan pada bulan September 2017.

Menurut Departemen Pertahanan AS, kontrak 2017 mensyaratkan “pengadaan perkiraan sejumlah 150 pesawat MD 530F dan layanan dukungan produksi yang meliputi manajemen program, dukungan pengiriman, pelatihan pilot,
dan pemeliharaan” hingga September 2022.

Dengan pengiriman terbaru itu, “Helikopter MD telah berhasil memenuhi semua persyaratan IDIQ [Indefinite Delivery, Indefinite Quantity Contracts] Delivery Order 1, dan sejumlah pelatihan dan helikopter tempur MD 530F yang dikirim ke Angkatan Udara Afghanistan yang telah mencapai 60,” menurut siaran pers perusahaan MD Helicopters, Inc.

Semua helikopter MD-530F yang saat ini dalam kedinasan AU Afghanistan dilengkapi dengan Enhanced Mission Equipment Package (EMEP) yang mencakup ballistic crash worthy fuel system, FN Herstal Weapons Management
System, DillonAero Mission Configurable Armament System (MCAS) weapons plank and Fixed-Forward Sighting System, Rohde & Schwarz M3AR Tactical Mission Radio, dan FN Herstal .50 caliber HMP 400 Machine Gun Pod and
M260 7-shot rocket pod, kata pihak MD Helicopters, Inc.

Baca Juga:  Militer Rusia Uji Coba Lebih dari 200 Teknologi Senjata Baru di Suriah

Batch MD-530F berikutnya akan terdiri dari 24 helikopter, kata perusahaan itu pada 22 November.

Pada bulan Oktober, AU Afghanistan juga menerima pengiriman hibah dua dari empat helikopter serang Mi-24V retrofit dari India. New Delhi menyerahkan dua Mi-24V pertama pada Mei awal tahun ini. Au Afghanistan juga mengoperasikan pesawat serang ringan Embraer-Sierra Nevada Corporation (SNC) A-29 Super Tucano untuk misi penyerangan.

Sumber : thediplomat.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan