AU India Berlatih Gunakan Jalan Raya Untuk Lepas Landas Pesawat

AU India punya tradisi latihan rutin melakukan lepas landas di jalan raya. Ini untuk menjaga ketrampilan pilot pesawat jika terjadi kejadian mendesak atau serangan kilat dari musuh yang menghancurkan bandara.

Jika biasanya dilakukan di jalan tol Yamuna Expressway di dekat New Delhi, tetapi untuk kali ini, ujicoba dipindahkan ke jalan tol Agra-Lucknow yang diresmikan pada bulan November 2016.

Dalam latihan ini AU India mengujicoba banyak jenis pesawat mulai dari Su-30 MKI Flanker, Mirage-2000D, Sepecat Jaguar, dan bahkan pesawat angkut sedang An-32 dan C-130J diperintahkan untuk melakukan lepas landas dan mendarat di jalan tol ini.
Pemerintah Daerah Uttar Pradesh dimana jalan tol itu berada, bekerjasama dengan AU India dan Otoritas pengelola jalan tol India UPEIDA menutup jalan tol Agra-Lucknow tersebut pada 20-24 Oktober 2017. Segmen jalan raya di Distrik Bangarmau yang terletak 65km dari Lucknow yang akan digunakan untuk latihan dibersihkan dari gangguan, kerikil, dan tiang lampu dicopot agar tidak membahayakan pesawat yang akan lepas landas.


Setiap hari dilakukan sorti lepas landas dan mendarat berulang kali, diawali dengan C-130J yang menurunkan pasukan Komando Garuda yang kemudian keluar dari pesawat dan menyebar untuk mengamankan perimeter sambil mengoperasikan sistem komunikasi dan memandu pesawat tempur yang akan mendarat berikutnya. C-130J tersebut tidak mematikan mesin, dan langsung lepas landas kembali begitu pasukan komando Garuda terakhir keluar dari pesawat.
Berturut-turut kemudian Su-30 MKI, diikuti oleh Mirage 2000, Jaguar, dan An-32 mendarat bergantian di jalan raya. Jet-jet tempur canggih itu tak mengalami kendala untuk mendarat di beton jalan raya yang sehari-hari hanya digunakan oleh mobil dan truk itu. Baik jet tempur Rusia maupun Perancis ternyata sama tangguhnya digunakan untuk lepas landas dari tempat yang tidak semestinya itu.
Setelah pesawat diperiksa, mereka lepas landas kembali, dan latihan ditutup dengan C-130J yang mendarat untuk menjemput para anggota Komando Garuda. Tercatat baru kali inilah C-130J dipergunakan untuk latihan pendaratan di jalan raya oleh AU India, membuktikan kemampuan Sang Putra Dewa.

Baca Juga:  Turki Siap Pinang Su-57 Rusia atau J-31 China Jika F-35 Tidak Dikirim AS

(UC News/Aryo Nugroho)

1 Komentar

  1. jalan-jalan raya diindia yang penyaluran listrik melewati kanal bawah tanah menjadi keuntungan sendiri buat INDIA, di indonesia penyaluran listrik masih menggunakan tiang, sehingga tiap kiri kanan jalan terdapat tiang listrik dan kabelnya yang kekar, berbahaya jika dilakukan pendaratan walau situasi darurat untuk pesawat kecilpun.

Tinggalkan Balasan