AU Jepang Terima Pesawat F-35A Pertama, Mitsubishi Siap Produksi Yang Versi Jepang

Pejabat senior pemerintah Jepang dan Amerika Serikat bergabung bersama jajaran direksi Lockheed Martin dalam acara untuk merayakan penyerahan pertama Jet Tempur F-35A Lightning II kepada Angkatan Udara Bela Diri (JASDF) Jepang, menandai tonggak utama dalam peningkatan pertahanan nasional Jepang dan memperkuat masa depan aliansi keamanan AS-Jepang. Upacara ini dihadiri oleh lebih dari 400 tamu dari kedua pemerintah, militer dan industri pertahanan.

Kenji Wakamiya, Menteri Negara Jepang Pertahanan dalam pidatonya, mengatakan, “F-35 adalah sistem udara paling canggih dengan kemampuan mutakhir sebagai multirole fighter. Cocok sebagai penjaga keamanan sekitar Jepang yang kondisinya semakin parah, sangat penting bagi pertahanan Jepang untuk berkomitmen untuk terus  memperoleh F-35 dari tahun ke tahun. Mengingat bahwa Pemerintah Amerika Serikat telah menunjuk Jepang sebagai lini produksi F-35 di regional wilayah Asia-Pasifik, pengenalan F-35A ke Jepang adalah contoh sempurna, meningkatkan aliansi Jepang-AS. ”

Program pesawat F-35 untuk Jepang terdiri dari 42 unit jet F-35A, yang diperoleh melalui program Penjualan Militer Luar Negeri pemerintah AS. Empat pesawat pertama akan dibuat di Fort Worth dan 38 pesawat lainnya  diproduksi di pabrik Mitsubishi Heavy Industries  di Nagoya, Jepang, di mana perakitan pesawat sedang berlangsung saat ini.


Pelatihan perawatan untuk teknisi F-35A dari AU Jepang sedang berlangsung di Eglin AFB, Florida, dan pilot F-35A dari AU Jepang dijadwalkan untuk mulai pelatihan di Luke AFB, Arizona, pada bulan November. (defenceblog)

Baca Juga:  AS Kerahkan Drone RQ-4 Global Hawk Awasi Korea Utara

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan