AU Mesir Akan Terima Pesawat Tempur Terbaru MiG-35 

Mesir mulai menerima pengiriman pesawat MiG-35 dari Rusia. Foto: interfax.ru

Angkatan Udara Mesir (EAF) dijadwalkan akan menerima peswat tempur multirole berteknologi 4++ MiG-35 pertama dalam paruh pertama tahun 2017.Seperti dilansir dari Defence Blog 

Sebuah pesawat produksi pertama MiG-35 (№ 811) untuk AU Mesir tertangkap kamera di Pangkalan Udara Zhukovsky Air Base, Rusia.

Seperti dilaporkan media sebelumnya, bahwa Mesir berusaha untuk membeli beberapa lusin pesawat tempur MiG, dengan menggunakan skema kredit dari Moskow ataupun pendanaan dari Arab Saudi.

MiG-35 (juga bernama MiG-29M/M2) adalah pesawat tempur multiguna generasi 4++ dan merupakan turunan lanjutan dari pesawat tempur MiG-29. Pesawat tempur multiperan ini dipersenjatai dengan meriam 30-mm dan membawa 1.500 butir amunisi. Pesawat ini dapat membawa hingga 7.000 kg persenjataan pada 10 cantelan eksternal. Pesawat ini juga dapat menggunakan berbagai rudal udara-ke-udara dan rudal udara-ke-permukaan, serta roket dipandu maupun bom tanpa bimbingan.

Jet tempur MiG-35 memiliki kecepatan maksimum 2,25 mach, dengan radius tempur efektif sekitar 1.000 kilometer dan pelayanan ketinggian 17.500 meter.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa MiG-35 Mesir akan dilengkapi dengan targeting pod terbaru yang canggih, targeting pod PPK yang diproduksi oleh Precision Instrument Systems. Pencitraan panas/TV PPK dan laser rangefinder memungkinkan jet tempur MiG-35 secara mandiri memandu amunisi presisi, menggunakan metode yang sama seperti yang digunakan pada F-15E Strike Eagle buatan AS untuk menyerang target darat. Sebelumnya doktrin Rusia sangat bergantung pada vektor darat untuk menyerang target tersebut.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan