AU Thailand Resmikan Pesawat Latih Tempur T-50TH Pertamanya

Angkatan Udara Kerajaan Thailand (Royal Thai Air Force – RTAF) mengumumkan pada tanggal 4 April bahwa mereka telah meresmikan pesawat lead-in fighter trainer T-50TH batch pertamanya.

Pelatih latih lanjut supersonik T-50TH yang tergabung pada Skuadron ke-401 tersebut diresmikan masuk dalam kedinasan RTAF, di Wing 4 Base Takhli, Nakhon Sawan, dengan sebuah upacara peresmian. Upacara peresmian dipimpin oleh Panglima Angkatan Udara Thailand Marshal Johm Rungswang.


Dua pesawat pertama Korea Aerospace Industries (KAI) T-50TH Golden Eagle Lead-In Fighter Trainer (LIFT) dengan nomor seri 40101 dan 40102 milik Skuadron ke-401 tiba di Wing 4 RTAF Base Takhli, Nakhon Sawan, Thailand pada tanggal 25 Januari 2018.

T-50TH dikembangkan untuk melatih dan menyiapkan pilot untuk pesawat F-16 dan JAS-39 Thailand, menggantikan pesawat latih seperti L-39 dalam kedinasan RTAF. Pesawat latih tempur T-50TH dikembangkan oleh Korea Aerospace Industries (KAI) bersama dengan Lockheed Martin.

Korea Aerospace Industries telah mengirimkan 4 dari total 12 pesawat T-50TH. Thailand memesan 12 pesawat T-50TH dalam dua batch masing-masing empat dan delapan pesawat.


Sumber : defence-blog.com/TSM by Angga

Baca Juga:  Korea Siapkan Rudal Taurus Untuk Jet Tempur KFX/IFX

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan