AU Thailand Rilis Detail Program Upgrade F-5 Tiger

Jika Pemerintah Indonesia memutuskan untuk memensiunkan pesawat F-5 Tiger namun pilihan berbeda diambil Kerajaan Thailand. Negeri gajah putih sepertinya ingin memperpanjang usia pakai F-5 Tiger.

Menteri Pertahanan Thailand telah mengajukan proposal ke kabinet untuk upaya upgrade tambahan 4 pesawat F-5 dalam kesepakatan senilai 3.200 juta Baht, di bawah program ‘Super Tigris’.

Angkatan Udara Thailand juga untuk pertama kalinya merilis detil program upgrade tersebit. Laman resmi Facebook AU Thailand mengatakan bahwa program tersebut akan menambah 2.400 jam terbang pada airframe pesawat. Hal ini memungkinkan F-5 Super Tigris untuk terbang selama 15 tahun lagi. Program ini juga akan melakukan integrasi targeting pod LITENING III dan jamming pod Sky Shield buatan Rafael Israel pada pesawat tersebut.
Paket senjata diantaranya termasuk rudal Python-4 dan Derby untuk misi jarak dekat dan beyond visual range (BVR). Pilot akan @memakai Helm DASH buatan Elbit Israel untuk pengoperasian senjata terseb3Qut.


Upgrade kokpit meliputi komputer misi baru, dua display MFCD, sistem DVDR, HUD dan UFCP baru, ECS baru, serta radio tahan jamming AN/ARC-164 HAVE QUICK II.
Datalink taktis Link-T akan dipasang pada F-5 Super Tigris untuk memungkinkan operasi berpusat pada jaringan (network-centric operation ) pesawat tersebut yang akan berada di bawah sistem Komando dan Pengendalian AU Thailand.


Sumber : thaiarmedforce.com

1 Komentar

  1. Sejak kehadiran pesawat latih T50i GE Rakitan KORSEL dan TUKINO yang mampu di upgrade menjadi pesawat tempur sepertinya negara THAI. VIET. MALAY. dan PINOY malah ambigu dengan pespur F.5 mungkinkah nih pesawat antidot terbaik bagi lawan tanding T.50I GE.

Tinggalkan Balasan