Australia Beli 6 Pesawat Tanpa Awak Triton MQ-4C

Perdana Menteri Malcolm Turnbull pada hari ini (26/06) mengumumkan pembelian pesawat tanpa awak Triton MQ-4Cbuatan Northrp Grumman pada Selasa 26/06/2018. Pembelian ini termasuk dalam komitmen kerjasama bareng Angkatan Laut Amerika Serikat.

“Triton akan melengkapi peran pengawasan P-8A Poseidon melalui operasi berkelanjutan pada jarak jauh serta mampu melakukan berbagai tugas intelijen, pengawasan dan pengintaian,” kata Perdana Menteri Australia.

Nilai kontrak pembelian ini mencapai $7Milyar dollar Amerika, demikian berita yang dilaporlan oleh Sydney Morning Herald. Harga per pesawat sendiri sekitar 1,4 milyar dollar.

Investasi awal senilai $ 1,4 miliar dalam sistem Triton juga akan mencakup $ 364 juta untuk fasilitas baru di pangkalan-pangkalan RAAF di Edinburgh dan Tindal, serta sistem kontrol darat, dukungan, dan pelatihan yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan proyek ini.


Northrop-Grumman MQ-4C Triton dirancang untuk melakukan pengawasan maritim terus menerus atas wilayah pesisir dan lautan yang luas. Drone tersebut dapat terbang hingga 30 jam pada ketinggian 55.000 kaki (17.000 meter).


Sensor pengintaian utamanya adalah radar AESA X-band AN/ZPY-3 Multi-Function Active Sensor (MFAS), yang mampu menangani bidang 360 derajat, memungkinkan MQ-4C Triton untuk mensurvei wilayah laut dengan luas lebih dari 7 juta kilometer persegi dalam periode 24 jam.

Sumber : defenseworld.net,TSM Angga Saja

Baca Juga:  Presiden Duterte Minta Indonesia 'Ledakkan' Bajak Laut di Perairan ASEAN

1 Komentar

  1. Waduh kalo ditempatin di cristmes island apa jadinya….pastinya banyak obyek vital yg masuk data intelijen….pemerintah dan TNI sudahkah Mengantisipasi apa hanya diam…..

Tinggalkan Balasan