Azerbaijan Akusisi Sistem Pertahanan Udara Iron Dome Israel

Menteri Pertahanan Azerbaijan Yaver Jamalov meembenarkan bahwa negaranya telah menandatangani kesepakatan dengan Israel untuk pembelian sistem pertahanan rudal Iron Dome. Tetapi ia tidak memberikan rincian tentang ruang lingkup kesepakatan atau berapa banyak baterai Iron Dome akan dibeli, demikian dilansir Press Agency Azerbaijan Sabtu (17/12).

Azerbaijan menjadi negara pertama yang membeli sistem pertahanan udara tersebut. Pekan lalu, Presiden Ilham Aliyev mengungkapkan bahwa negaranya telah membeli peralatan pertahanan Israel senilai hampir $ 5 miliar.

“Sejauh ini, kontrak antara Azerbaijan dan perusahaan Israel sehubungan dengan pembelian alutsista telah mendekati lima miliar dolar. Lebih tepatnya $ 4,85 miliar. Bagian terbesar dari kontrak ini telah dieksekusi dan masih terus kami kerjakan dan kami sangat puas dengan tingkat kerja sama ini,” kata Aliyev, selama kunjungan resmi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ke negara Muslim itu.


Dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense Systems, sistem tersebut mengintersep roket jarak pendek dan artileri yang ditembakkan dari jarak empat sampai 70 kilometer. (defenseworld)

Baca Juga:  Tentara Myanmar Diundang Amerika Serikat Untuk Latihan Bersama

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan