Azerbaijan Berencana Beli Sistem Pertahanan Udara MBDA VL MICA Perancis

Narasumber yang dekat dengan Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan bahwa Baku dan Paris pada prinsipnya sepakat bahwa Perancis akan memasok sistem pertahanan udara ke Azerbaijan, lapor kantor berita Turan pada 11 Desember.

MBDA Systems, produsen rudal pertahanan udara, menginformasikan bahwa negosiasi pengadaan telah dimulai pada tahun 2014. Pihak Azerbaijan dilaporkan telah mendapatkan data taktis dan teknis dari sistem ini dan merasa puas. Namun nilai transaksi tersebut tidak dilaporkan.

VL MICA (Vertical Launch MICA) adalah sistem pertahanan udara jarak dekat berbasis darat, yang menggunakan rudal fire-and-forget MICA, saat ini merupakan satu-satunya rudal di dunia yang dapat dipasangi dengan homing head heatseeking (VL MICA IR) atau dengan radar aktif (VL MICA RF). Kemampuan unik ini memastikan kill probability yang luar biasa, bahkan di lingkungan dengan gangguan IRCM-ECM yang parah.


Organisasi unit VL MICA pada umumnya terdiri dari kendaraan Pusat Operasi Taktis ( Tactical Operations yang terlindung yang juga dikenal sebagai Pos Komando Pleton (Platoon COmmand Post – PCP). Kendaraan ini mampu
menjalankan semua fungsi Komando, Pengendalian dan Koordinasi, termasuk real-time engagement, perencanaan misi, pemantauan sistem dan koneksi dengan tingkat komando yang lebih tinggi. TOC secara jarak jauh mengontrol radar tiga dimensi yang dipasang pada kendaraan yang terpisah dan tiga hingga enam unit peluncur vertikal juga dipasang pada kendaraan.

Baca Juga:  PesawatPesawat Tempur F-7 AU Pakistan Jatuh Pilot Tewas

VL MICA memiliki rate of fire yang tinggi dan waktu respon yang minimal (8 rudal dapat diluncurkan hanya dalam waktu 10 detik), sementara sistem ini dapat secara bersamaan dapat menghadapi hingga 10 sasaran yang berbeda dan dikendalikan oleh 2 orang awak. Sistem ini dapat mencegat sasaran pada ketinggian hingga 20 km.

Sumber : armyrecognition.com/TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan