BAE Systems Pasok APS CV90 Untuk Belanda

BAE Systems telah menerima kontrak untuk menguji dan memverifikasi sistem proteksi aktif (active protection systems – APS) pada kendaraan tempur infanteri CV90 bagi pemerintah Belanda.

CV90 adalah sebuah kendaraan lapis baja yang awalnya dikembangkan untuk Angkatan Darat Swedia pada awal 1990-an, dan saat ini berada dalam kedinasan angkatan bersenjata Denmark, Finlandia, Norwegia dan Swiss. Kontrak tersebut secara efektif akan membuat CV90 Belanda menjadi kendaraan tempur NATO pertama yang menggunakan perlindungan aktif.

Proteksi aktif adalah kemampuan yang memungkinkan kendaraan tempur bertahan melawan granat berpendorong roket (rocket propelled-grenade), rudal anti-tank, dan ancaman lain yang serupa. Di bawah kontrak dengan Belanda, BAE Systems akan memasok sistem pertahanan ini dengan menginstal Iron Fist, sistem otomatis yang menggunakan radar untuk mendeteksi, melacak dan akhirnya menetralisir ancaman.


“Iron Fist akan memberikan Angkatan Darat Belanda alat pertahanan yang sangat canggih pada CV90-nya untuk melawan ancaman dan meningkatkan keamanan kendaraan dan awaknya,” kata Tommy Gustafsson-Rask dari BAE Systems dalam siaran pers. “Iron Fist adalah contoh lain dari teknologi canggih BAE Systems dan mitra-mitranya yang dapat dipersembahkan kepada pelanggan kami.”

Para pejabat pertahanan Belanda mengatakan akan melakukan pra-kualifikasi sistem aktif tersebut bersama para mitra industri
sebelum dilakukan integrasi ke CV90.

“Kami berharap akan dapat membuat keputusan mengenai fase berikutnya pada awal 2018. Dengan Iron Fist, Belanda akan menjadi negara NATO pertama yang menggunakan Active Protection System pada kendaraan tempur,” manajer proyek Badan Material Pertahanan Belanda Hans de Goeij menambahkan.

Baca Juga:  Tekan Premanisme Narkoba, Meksiko Tiru Kebijakan Petrus Presiden Soeharto

(Sumber : TSM/upi.com)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan