Bantu Pelarian Korea Utara, 6 Tentara Korea Selatan dan Amerika Dapat Penghargaan

tentara Korea Utara yang bertugas di JSA siaga setelah seorang rekan mereka membelot ke wilayah Korea Selatan. Foto/REUTERS/UNC

Komando bersama Pasukan AS-Korea (USFK) memberikan penghargaan kepada tentara penjaga JSA—tiga tentara Korea Selatan dan tiga AS—berupa medali sebagai pengakuan atas usaha mereka menyelamatkan seorang tentara Korea Utara yang berlari membelot ke Korea Selatan di perbatasan.

Medali tersebut secara pribadi diberikan oleh Komandan USFK Vincent Brooks dalam sebuah upacara pada hari Kamis.

Seperti diberitakan sebelumnya, prajurit pembelot tersebut sempat kritis setelah ditembaki rekan-rekannya dalam aksi pembelotan yang heroik. Pembangkang Korut itu pada pekan lalu turun dari mobil Jeep dan berlari memasuki wilayah Keamanan Bersama Korea Selatan (JSA).

Pembelot Korut yang ditembaki tersebut diidentifikasi dengan nama keluarganya Oh. Menurut dokter yang merawat, Oh kini terlihat lebih tenang.

Menurut seorang pejabat intelijen yang dikutip oleh kantor berita Korea Selatan, Yonhap, Korea Utara telah menggantikan 35-40 tentara yang telah menjaga JSA pada saat kejadian tersebut.

”Kami memantau dengan seksama gerakan militer Korea Utara di JSA,” kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korea Selatan kepada wartawan, tanpa mengonfirmasi jumlah pengurangan penjaga perbatasan. ”Ada batasan untuk apa yang bisa kami katakan tentang hal-hal yang kami ketahui.”


Reuters, dalam laporannya Jumat (24/11/2017), tidak dapat memverifikasi secara independen laporan tersebut. Foto-foto yang diambil oleh Knapper dan tentara lain yang menjaga wilayah tersebut menunjukkan bahwa mereka seragam yang dipakai penjaga yang baru sedikit berbeda dengan yang biasanya dipakai oleh penjaga JSA Korea Utara.

Baca Juga:  Helikopter MH-60 Seahawk Jatuh di Dek Kapal Induk USS Ronald Reagan

Sumber: sindonews.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan