Banyak Atlit Lolos Wajib Militer, Korea Selatan Siap Batalkan Kebijakan Emas Asian Games

Keberhasilan tim sepakbola Korea Selatan dan Tim Baseball merebut emas di ASIAN Games 2018 membuat publik dan pejabat militer meradang. 2 emas tersebut menyebabkan 20 pemain sepakbola dan 9 pemain baseball berhak lolos tidak mengikuti wajib militer.

Netizen Korea Selatan mempermasalahkan hal tersebut, karena merasa tidak sebanding dengan 2 keping emas dan potensi 29 orang yang gagal memperkuat militer. Apalagi di final, tim sepakbola Korea Selatan hanya menghadapi tim Jepang usia di bawah 21 tahun.

Pihak militer negara itu keluhkan kekurangan sumber daya manusia, selain menanggapi respon soal ketidakadilan.

Wajib militer jadi masalah yang sangat diperdebatkan di Korea Selatan, di mana semua laki-laki yang dinyatakan sehat secara fisik dan mental harus menyelesaikan sekitar 21 bulan pelayanan militer, sebagai bagian dari upaya untuk berjaga-jaga jika terjadi perang dengan negara tetangga mereka, Korea Utara.

Pengecualian ditawarkan kepada atlet yang memenangkan emas di Asian Games atau medali apapun di Olimpiade.

Ki Chan-soo, komisioner Administrasi Ketenagakerjaan Militer, sebuah badan dari Kementerian Pertahanan yang bertanggung jawab atas wajib militer, mengatakan pada Senin (3/9) ini bahwa peraturan mengenai wajib militer bisa saja diubah.

“Kami merencanakan pemeriksaan ulang yang komprehensif dari sistem di bidang olahraga dan seni,” kata Ki kepada kantor berita Korea, Yonhap.


“Kami sudah kehabisan sumber daya personel militer, jadi kami akan mulai memeriksa apakah program pembebasan itu adil,” tambahnya.

Baca Juga:  Redam Rusia, NATO Ubah Misi Polisi Udara Jadi Pertahanan Udara

Seorang pejabat di agensi wajib militer mengatakan kepada Reuters, Ki berbicara ‘secara umum’ dengan mempertimbangkan permintaan dari media dan parlemen baru-baru ini.

Kementerian Pertahanan juga mengatakan dalam sebuah pernyataannya, pihaknya tidak mempertimbangkan perubahan dalam sistem tersebut untuk saat ini, tetapi akan lakukan konsultasi antarlembaga mengenai masalah ini.


Wah kalau Indonesia juga diterapkan wajib militer gimana bro? siap?

Tinggalkan Balasan