Banyak Dekorasi Kristiani Begini Cara Turki Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid

Diubahnya Hagia Sophia dari Museum menjadi masjid menimbulkan pertanyaan tentang ornamen kristiani yang ada di dalamnya.

Hagia Sophia sendiri didirikan sebagai gereja pusat utama bagi penganut Kristen Orthodox. Saat ditaklukan oleh Turki Ottoman diubah menjadi Masjid walau masih banyak ornamen kristiani di dalamnya.

Melansir Kantor Berita Anadolu, .”
Turki berjanji akan tetap menjaga ikon-ikon unik ajaran Kristen dan gambar mosaik Yesus Kristus di situs tersebut.

Uni Eropa, termasuk Yunani, Perancis dan Amerika Serikat (AS) telah melayangkan kritik serius terhadap keputusan Turki yang mengubah museum Hagia Sophia kembali menjadi masjid.

Keputusan itu menimbulkan kekhawatiran akan masa depan Hagia Sophia yang pernah menjadi tempat ibadah umat Kristiani itu dan sudah menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Karena statusnya sudah menjadi masjid, selama ibadah shalat dilaksanakan di dalamnya, pemerintah Turki bermaksud menutup gambar Yesus, Bunda Maria dan orang-orang kudus Kristen dengan teknologi khusus yang menggunakan teknik pencahayaan, sebagaimana dilaporkan Greek City Times.

Menurut media setempat, tirai khusus akan digunakan selama ibadah shalat berlangsung. Ada pun karpet akan digelar di lantai yang menyala untuk menggelapkan ruangan agar gambar-gambar dari ajaran Kristen tidak tampak.

Baca Juga:  Bikin Paspor Sekarang Harus Punya Tabungan 25 Juta Buat Jaminan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan