Barrack Obama: Rusia Adalah Negara Adidaya Militer

Menjelang berakhirnya masa jabatanya, Presiden AS Barack Obama menyebut Rusia sebagai negara adidaya militer pada kunjungannya ke Jerman pekan lalu.

“Posisi saya terhadap Rusia tidak berubah sejak hari pertama pemerintahan saya. Rusia adalah negara yang penting dan sekaligus merupakan negara adidaya militer. Rusia memiliki pengaruh tak hanya di wilayah sekitarnya, tetapi juga di dunia,” kata Obama pada konferensi pers di Berlin bersama Kanselir Jerman Angela Merkel.

“Bbanyak pihak yang tertarik mengetahui keberhasilan Rusia dalam menumbuhkan perekonominya, serta terciptanya hubungan yang baik antara negara itu dengan tetangga-tetangganya,” kata Obama dilansir kantor berita RIA Novosti

Merkel, pada gilirannya, juga menyampaikan bahwa Jerman tertarik membangun hubungan bertetangga yang baik dengan Rusia. “Namun, hal itu tak akan menghalangi kami pada rencana pembahasan terkait perbedaan kami yang mendalam,” kata Merkel.

Berakhirnya masa pemerintahan Obama menumbuhkan harapan terhadap Presiden AS terpilih Donald Trump untuk ‘meneruskan kerja sama dengan Rusia’ terlepas perbedaan sudut pandang Putin dan Presiden yang baru terpilih, Donald Trump, yang cukup lebar selama masa kampanye pilpres Amerika.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan