Batalyon Cakra, Unit Tempur Baru Kostrad Seharga 400Milyar

Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) akan mempunyai kesatuan baru bernama Batalyon Cakra yang akan berdiri di Ciuyah, Kabupaten Lebak, Banten, di atas lahan lebih dari 700 hektare. Bagi pemerhati militer, ini bukan batalyon biasa karena berkuatan 1200 personel padahal biasanya 1 Batalyon hanya 700 prajurit saja.

“Satu batalyon yang nanti ke depan di bawah Panglima Kostrad. Suatu akumulasi dari kemampuan kesatuan Infanteri, Arhanud, Armed, nanti dia bisa bermanuver disitu,” kata Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staff Angkatan Darat (KASAD), usai meninjau pembangunan Markas Komando (Mako) Batalyon Cakra, di Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (28/08/2017).

Batalyon baru tersebut nantinya akan berisikan dati kesatuan Infanteri, Armed, dan Arhanud yang bertanggung-jawab langsung kepada Panglima Kostrad di bawah pimpinan Letjen TNI Edy Rahmayadi.


“Merupakan satu kesatuan pemukul Kostrad, ada helikopter Penerbad, ada Kavalerinya disini, satu kesatuan komando. Komandan-nya nanti Kolonel,” terangnya.

Mako tersebut nantinya akan berisikan rumah dinas, lapangan tembak, lahan latih tempur, hanggar alutsista hingga gudang amunisi.

“2019 diharapkan (sudah selesai), sekarang baru 30 persen, baru bisa menampung 150 personel. Sambil dibangun sambil dipelihara (dihuni),” jelasnya.


sumber: kabar6.com

Baca Juga:  Rusia dan Indonesia Sedang Bahas Kerjasama Anti Terorisme

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan