Belanda Dan Swedia Kerjasama Kembangkan Kapal Selam Baru

Dua perusahaan pertahanan ternama, SAAB Swedia dan Damen Belanda mengumumkan kerjasama untuk membuat kapal selam baru. Kerjasama tersebut dikabarkan dalam sebuah video yang diterbitkan pada 20 Oktober 2020.

Kapal selam baru itu untuk Program Penggantian Kapal Selam Walrus. Walrus adalah kapal selam yang kini beroperasi pada Angkatan Laut Belanda.

Penggantian Walrus juga akan memanfaatkan pelajaran operasional yang diperoleh dalam Mid Life Upgrade kapal selam Gotland Angkatan Laut Swedia. Hasilnya, kapal selam nanti akan dilengkapi dengan teknologi canggih sambil mendapatkan manfaat dari pengurangan risiko pada tiga kelas kapal selam.

Saab dan Damen akan menciptakan salah satu kapal selam Air Independent Propulsion (AIP) paling modern di dunia, yang jika dipilih, akan dikerjakan dengan berkonsultasi dengan pelanggan menggunakan pendekatan ‘design to cost’.

Proses produksi akan diatur dimana beberapa bagian dibuat di Swedia dan kemudian dirakit di Vlissingen di Belanda. Setelah bekerjasama banyak perusahaan Belanda, Saab dan Damen bersiap untuk meningkatkan kompetensi kapal selam domestik.

Sumber : navyrecognition.com via TSM
Foto : hisutton.com

Baca Juga:  Ryamizard : Semua Pengadaan Senjata Harus Seizin Menteri Pertahanan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan