Beli 12 Unit, Indonesia Ingin Membuat Su-35 di Dalam Negeri

Rusia mengakui ada prospek terkait pengiriman Su-35 ke Indonesia. Rusia terus berdialog secara intensif dengan Indonesia terkait kemungkinan pengiriman jet tempur Su-35, ujar Vladimir Kozhin, ajudan presiden Rusia yang bertanggung jawab dalam bidang kerja sama pertahanan dan teknologi, (1/12/2016).

“Ada prospek (terkait pengiriman Su-35) dan pembicaraan mengenai ini sangat intensif,” ujar Kozhin tanpa memerinci tenggat waktu penandatanganan kontrak.

Indonesia dikabarkan berencana membeli delapan unit pesawat tempur multiperan Su-35 dari Rusia. Hal itu dikonfirmasi Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Wahid Supriyadi pada Juni lalu. Dubes Wahid menerangkan diskusi terkait kemungkinan transfer teknologi dari pihak Rusia sedang berjalan.

Namun demikian, pada Oktober lalu, media RNS Online mengabarkan bahwa negosiasi harga dan transfer teknologi kemungkinan akan menghalangi keputusan pembelian pesawat tempur Sukhoi Su-35 oleh Indonesia.


Pemerintah Indonesia bersikeras ingin menjalankan produksi pesawat tempur bersama Rusia di dalam negeri. Namun, mengutip keterangan yang disampaikan pihak Rusia, pembelian 8 – 12 unit pesawat terhitung sedikit untuk dapat menjalankan produksi bersama dan transfer teknologi.


(Sumber : Indonesia.rbth.com)

Baca Juga:  Rekrut Anggota TNI, BNN Siapkan Tahanan Narkoba di Natuna

2 Komentar

  1. Suka berlebihan deh…gak logis banget masa pesan 8-12 harus produksi di dlm negri. Kalo mau produksi di dlm negri minimal pesan 40. Tuh australia pesan diatas 70 blm lagi inggris, isroil dan banyak lagi negara lain pesan f35 malah tak pernah mimpi bisa produksi dlm negri apalagi dpt blueprins.
    Sya pribadi suka pake bngt su35, su34, k52, bahkan s500.. yaa sya pikir jgn berlebihan mintanya yg sederhana saya tp dapat tot, bisa servis dlm negripun sudah sangat hebat

  2. menurut saya indonesia bisa dengan membatalkan proyek dengan korea,dan dialihkan menjadi SU 35 dan T- 50 FAK rusia,bayangkan dengan anggaran20% join korea ,itu bisa membeli sekitar 30s/d 40 pesawat SU35 dan T-50 FAK,dan pasti indonesia akan dapat TOT,dan dapat membuat pesawat sendiri seperti INDIA.sementara dengan korea sudah jelas pesawat KFX itu nantinya di bawah T- 50 FAK Rusia atau F35.dan kita juga bisa membuat suku cadang SU27/SU30 kita…..hanya saran semoga TNI lebih Maju dan NKRI Tetap terjaga.AMIN

Tinggalkan Balasan