Beli Jet Latih Yak-130, Persiapan Laos Membeli Sukhoi Su-30

Laos telah menerima pengiriman pertama 3 pesawat latih tempur dan serang darat Yakovlev Yak-130 Mitten dari Rusia. Pengiriman gelombang pertama ini dikirimkan dengan pesawat angkut berat Il-76TD maskapai Aviakon Citrotrans dari pabriknya di Irkutsk.

Yak-130 sendiri merupakan pesawat latih lanjut yang didesain ‘kembar’ dengan pesawat latih Italia M-346 Masters. Pesawat ini mampu mereplikasi sistem kontrol jet tempur dari keluarga Su-30, Su-35, dan bahkan Su-57 dan dapat dipakai melatih pilot Angkatan Udara dengan efisien.

Yak-130 sendiri didesain mampu membawa muatan seberat 3 ton yang terdiri dari roket, bom, dan rudal anti pesawat jarak dekat sehingga potensinya sebagai pesawat jet tempur dan serang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kedatangan Yak-130 ini merupakan suatu lompatan besar bagi Angkatan Udara Laos yang selama ini tak pernah mengoperasikan jet tempur. Laos sendiri menjadi negara kedua di ASEAN yang mengoperasikan Yak-130 setelah Myanmar.

Dengan kedekatan Rusia dan Laos, pengamat mengatakan bahwa kedatangan Yak-130 ini dimaksudkan untuk mempersiapkan sebelum hadirnya jet tempur Su-30SME pesanan Laos.

Sumber: Defence-blog / UC News (Aryo Nugroho)

Baca Juga:  Boeing: F-18 Super Hornet Cocok dengan Kapal Induk AL India

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan