Bengkel Sukhoi Penuh, Vietnam Kirim Su-27 Ke Belarusia

Seperti diberitakan oleh Bao Dat Viet (23/10/2019) Sebagai salah satu pengguna terbesar Su 27/30 Flanker di kawasan ASEAN Vietnam mempunyai pusat perawatan dan perbaikan (MRO) sendiri yaitu A 42 Plant, namun karena fasilitas tersebut sudah cukup kewalahan (over capacity) untuk merawat dan memperbaiki secara rutin semua armada Flanker AU Vietnam maka dengan sangat terpaksa pihak AU Vietnam juga mengirim jet tempur Sukhoi ke Belarusia.

Menurut pengumuman yang dibuat oleh Fasilitas perawatan A42 Plant, pihaknya memang saat ini sedang mengalami Over Capacity untuk menangani langsung perbaikan jet-jet tempur Su 27/Su 30 Flanker AU Vietnam.

“Saat ini kami sedang menjalankan perbaikan parsial jet tempur Su 30Mk2 dan beberapa unit dari Su 27SK/UBK. Namun karena pihak AU mendesak untuk segera mengembalikan aset mereka ke garis depan dengan sangat terpaksa kami harus mengirimkan beberapa unit dari Su 27SK/UBK lainnya ke luar negeri untuk menjalani Upgrade dan Overhoul” ungkap pejabat dari A42 Plant

Lantas kemana Vietnam mengirim jetnya? Tidak lain dan tidak bukan yaitu Plant No 558 di Baranovichi Belarusia. Fasilitas ini juga pernah digunakan Sukhoi TNI AU yaitu TS 2701. TS 2702, TS 3001 dan TS 3002 untuk menjalani proses perbaikan berat (Overhoul) .

Sebagai informasi AU Vietnam berencana untuk meningkatkan kemampuan beberapa unit dari Su 27SK dan SU 27UBM menjadi Su 27SKM yang merupakan varian superioritas udara. Sebagai pesawat superioritas udara Su 27SKM dibekali dengan radar N001VEP dan dapat membawa rudal udara-ke-udara RVV-AE; Kh-29T / TE / L, rudal permukaan-ke-udara Kh-31A / P dan bom pintar KAB-500KR / 1500KR.

Baca Juga:  Tentara Amerika Dimasukkan Dalam Daftar Teroris oleh Iran

Sumber: World Defense Zone

1 Komentar

Tinggalkan Balasan