Bengkel System Skatek 043 TNI AU Dilengkapi Ultra Sonic Cleaner

Bengkel System Skatek 043 TNI AU di Lanud Adisutjipto kini dilengkapi dengan peralatan Fuel Nozzle Stand dan Ultra Sonic Cleaner yang diperuntukkan Pesawat KT 1B Woong Bee, pesawat Grob G120 TP-A dan pesawat lainnya.

Komandan Pangkalan Udara TNI AU Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Ir Novyan Samyoga, MM, meresmikan langsung penggunaan Instalasi Peralatan Fuel Nozzle Stand dan Ultra Sonic Cleaner di Bengkel System Skatek 043, Lanud Adisutjipto Jumat (9/12).

Marsma TNI Ir Novyan Samyoga, MM, menyampaikan bahwa di masa yang akan datang, tantangan dan tugas TNI AU akan semakin kompleks. Sehubungan hal tersebut, Pimpinan TNI AU juga telah berusaha memberikan sarana dan prasarana pendukungnya, salah satu diantaranya membangun Bengkel System dan Instalasi Peralatan Fuel Nozzle Stand dan Ultra Sonic Cleaner

Komandan Lanud berharap semoga dengan keberadaan alat ini dapat menambah kemampuan dalam hal pemeliharaan komponen peswat terbang sehingga mendukung tercapainya kesiapan dalam pemeliharaan komponen pesawat yang lebih optimal. Karena pemeliharaan komponen dapat dilaksanakan sendiri tanpa harus mengirimkannya ke fasilitas perbaikan di luar Lanud Adisutjipto.

Komandan Skatek 043 Letkol Tek Taufik Yulianto, ST menyampaikan Peralatan fuel nozzle stand merupakan buatan pabrican Stalay dari Amerika yang berfungsi sebagai alat tes atau uji. Fungsi untuk mengetahui keandalan komponen fuel nozzle yang merupakan bagian dari komponen sistem pembakaran pada engine pesawat terbang. Sedangkan Ulta Sonik Cleaner yang merupakan alat buatan Hankuuk dari Korea Selatan berfungsi untuk menggosok atau membersihkan kotoran yang menempel pada komponen barang yang sulit untuk dibersihkan. Alat ini cocok digunakan untuk memebersihkan beberpa komponen pesawat seperti Fuel nozzle, fuel filter element, dan lain-lain.

Hadir dalam peresmian Instalasi Peralatan Fuel Nozzle Stand dan Ultra Sonic Cleaner adalah Komandan Wingdik Terbang Kolonel Pnb Bonang Bayuaji, Para Kepala Dinas, para Komandan Skadron, para pejabat di lingkungan Lanud Adisutjipto, perwakilan dari Christoper Staley, Mr James A, dan beberapa orang dari Hankuk Ultrasonic Industry, Korea selatan diantaranya Jung Tae Yoon, Im joon Soo, dan Kim Kwang Young. (dispen TNI AU)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan