Berkat TMMD, Pemkab Klaten Hemat Ratusan Juta Rupiah

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap satu tahun 2018 tingkat Kodim Klaten di Desa Kunden Kecamatan Karanganom Kamis (3/5/2018) selesai. Penutupan TMMD dilakukan Dandim Klaten Letkol Eko Setiawan yang disaksikan Bupati Klaten Sri Mulyani.

Dandim Klaten Letkol Eko Setiawan mengatakan seluruh program baik fisik maupun non fisik dapat selesai seratus persen. “Tahap pertama di tahun 2018, nanti berikutnya ada tahap kedua lagi. Untuk program seperti betonisasi jalan, perbaikan tempat ibadah dan rumah tidak layak huni dapat selesai seratus persen,” tandas Letkol Ekow Setiawan kepada wartawan selesai penutupan TMMD.

Dandim juga mengimbau agar hasil program TMMD dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat setempat. Untuk itu agar berlangsung lama, fasilitas hasil karya bersama antara TNI dan masyarakat itu harus dirawat bersama.

Perwira TMMD tahun 2018 Kapten Infantri Sukatman menjelaskan realisasi kegiatan TMMD di Desa Kunden Kecamatan Karanganom dapat menyelesaikan seluruh program seratus persen.


“Betonisasi jalan sepanjang 1.255 meter selesai seratus persen, rehap rumah 10 unit seratus persen, jamban keluarga 6 unit dan perbaikan tempat ibadah selesai seratua persen,” ungkap Kapten Sukatman.


Selain kegiatan fisik program TMMD juga melaksanakan kegiatan non fisik seperti penyuluhan bahaya narkoba, bela negara, dan penyuluhan tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap satu tahun 2018 menghabiskan biaya lebih dari Rp 450 juta dari APBD Propinsi Jawa Tengah, APBD Klaten dan swadaya masyarakat.

Baca Juga:  Laboratorium Milik TNI AL Meledak

“Jika dikerjakan dengan pemborong besaran biaya bisa mencapai lebih dari Rp 658 juta. Pelaksanaan pembangunan melalui TMMD ini mampu menghemat biaya lebih Rp 208 juta,” bebernya. (rri.co.id)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan