Biar Enggak Tergantung AS, Turki Bikin Rudal Pengganti AMRAAM dan Sidewinder

Untuk mengantisipasi embargo dari Amerika Serikat (AS) Turki membuat sendiri rudal pengganti AMRAAM dan Sidewinder untuk pesawat tempurnya. Rudal udara ke udara tersebut diberi nama Gokdogan (Peregrine)

Rudal udara ke udara Gokdogan (Peregrine) telah selesai diuji pekan kemarin seperti dilansir Daily Sabah, rencananya akhir tahun ini siap untuk diproduksi secara massal. Rudal ini akan dipakai senjata oleh jajaran pesawat F-16 Turki.

Proyek untuk rudal Gokdogan dan Bozdogan, yang diprakarsai oleh Scientific and Technological Research Council’s (TUBITAK), Defense Industry Research and Development Institute (SAGE).

Pengembangan rudal ini telah dimulai pada tahun 2013 dan ini adalah proyek pertama Turki untuk rudal pemburu pesawat (air-to-air). Gokdogan adalah rudal udara-ke-udara jarak pendek, sangat bermanuver dengan sistem seeker inframerah, sedangkan Bozdogan adalah rudal pencari radar aktif jarak jauh.

Rudal dilengkapi dengan teknologi bahan bakar padat dengan daya dorong tinggi dan rendah asap, dengan sistem elektronik dan sistem pengapian yang aman dan tingkat keandalan yang tinggi.

Baca Juga:  Arab Saudi Bantah Mendapat Subsidi Militer dari Amerika Serikat

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan