Black Panther TNI AU Latihan Tembak Rudal Maverick di Aceh

“Black Panther” sebutan Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin melaksanakan latihan di provinsi Aceh dengan homebase Lanud Sultan Iskandar Muda yang rencananya akan berlangsung hingga 6 Maret mendatang.

Kegiatan dimulai dari briefing penerbangan yang dihadiri Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, S.Sos., Danskadud 12 Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Pnb Adhi Safarul Akbar dan pihak terkait untuk menyampaikan kesiapan penerbangan.

Hari ini, direncanakan pelaksanaan
penerbangan dalam rangka latihan maverick sebanyak tiga periode dengan menggunakan enam pesawat Hawk 100/200 dan sasaran sekitaran wilayah provinsi Aceh.

“Tentunya kegiatan ini salah satu cara meningkatkan kesiapsiagaan, kemampuan, kualitas dan profesionalitas seorang penerbang dalam melaksanakan operasi penerbangan dengan membawa maverick sekaligus patroli pengamanan wilayah”, ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, guna melatih penerbang- penerbang muda yang baru saja bergabung agar mampu melaksanakan tugas sebaik- baiknya.

Latihan yang melibatkan sekitar 80 personel Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin ini, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sesuai arahan pimpinan dalam rangka menjaga keutuhan wilayah NKRI
khususnya di wilayah Aceh.


Hal serupa disampaikan Danlanud Sultan Iskandar Muda bahwa wilayah Aceh merupakan zona udara internasional dan strategis yang memungkinkan terjadinya pelanggaran- pelanggaran wilayah.

Melalui latihan ini, lanjutnya, menandakan bahwa pulau-pulau diujung barat Indonesia tetap berada dalam pantauan ataupun mendapatkan pengamanan dari Indonesia melalui TNI Angkatan Udara.

Baca Juga:  Kodim Blora Gelar Tanam Padi Serentak

Oleh karena itu, katanya, selama kegiatan ini berlangsung agar setiap pihak yang terlibat baik Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja, Lanud Sultan Iskandar Muda dan Kipan C Yonko 469 Paskhas untuk mengutamakan keselamatan terbang dan kerja.

“Mari kita saling bersinergi, bekerja sama, komunikasi dan koordinasi yang baik sehingga latihan ini mencapai hasil yang maksimal”, tegasnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan