BMP Terminator, Tank Rusia Spesialis Perang Kota

BMP-T Terminator adalah tank yang dirancang khusus selama 30 tahun untuk memperkuat kemampuan militer Rusia dalam menghadapi perang kota. Tank ini disempurnakan dengan diterjunkan selama perang Suriah.

Rusia yang dulu bernama Uni Soviet punya sejarah dan pengalaman panjang dalam perang kota. Di perang dunia ke-II, negara ini menghadapi perang kota paling sadis dalam era modern dalam mempertahankan Kota Stalingard dari invasi Nazi Jerman.

BMP-T sendiri mulai didesain pada akhir 1980-an dan semakin serius dikembangkan lagi setelah perang Chechnya 1994-1995. Dalam perang itu, Rusia kehilangan sejumlah besar tank dan kendaraan tempurnya menghadapi para gerilyawan Chechen di perang kota.

BMP-T mulai memperkuat armada militer Rusia bulan November 2020 kemarin. Angkatan Darat Rusia telah menerima sebanyak delapan unit BMP-T untuk diuji dalam latihan militernya. Mereka tergabung dalam Divisi Tank ke-90 di Chelyabinsk.

Tank BMP-T ini dibangun menggunakan sasis tank T-90 dan mendesain ulang bagian yang biasa menjadi dudukan meriam, menggantinya dengan menempatkan banyak jenis persenjataan.

Untuk senjata organik dibekali dua autocannon 2A42 kaliber 30 millimeter, dua pelontar granat otomatis AGD-17, empat rudal supersonik anti-tank Ataka 9M120-1, dan beberapa di antaranya memiliki pula sebuah senapan mesin otomatis Kalashnikov berkendali jarak jauh kaliber 7,62 millimeter.

Krunya yang berjumlah lima personel (empat operator senjata dan satu pengemudi) terlindungi dalam sasis tank berat itu. Lapisannya juga telah didesain untuk menetralisir hunjaman hulu ledak. Kalangan militer menyebut satu unit Terminator mampu menggantikan peran satu peleton personel plus enam kendaraan bersenjata.

Baca Juga:  Dalam 15 Tahun, 264 Pesawat AU India Jatuh, Paling Banyak Buatan Rusia

“Keunikan dari kendaraan tempur ini adalah kemampuannya membidik tiga target sekaligus dengan persenjataannya itu,” kata Kolonel Andrey Sigarev, Wakil Komandan Divisi Tank ke-90.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan