Boeing Kembangkan Compound Helikopter Apache Biar Makin Ngacirr

Boeing Meneliti Konfigurasi Compound Helicopter Untuk Apache

Boeing sedang menguji kemungkinan modifikasi helikopter serang AH-64E Apache, untuk meningkatkan kecepatan dan mengurangi drag. Ujicoba dilakukan di fasilitas wind tunnel Boeing di Philadelphia, Pennsylvania dengan model skala 30%. Ujicoba ini diperkirakan akan selesai di bulan Januari.

Helikopter hasil modifikasi tersebut, yang dikenal dengan nama AH-64E Block 2 Compound, adalah sebuah compound helicopter yang memiliki fixed wing besar, exhaust yang mengarah ke belakang, sirip vertikal yang mengarah ke bawah, dan pusher propeller di belakang. Helikopter tersebut tetap memiliki rotor ekor sebagai sistem anti-torsi.


Boeing percaya bahwa modifikasi ini dapat meningkatkan jarak serta kecepatan sejauh 50%, menambah umur helikopter sepanjang dua kalinya, dan menambah efisiensi bahan bakar 24% dengan peningkatan harga sebesar 20%.

Compound helicopter adalah sejenis pesawat VTOL yang memiliki rotor seperti helikopter untuk lepas landas dan mendarat, satu atau lebih propeller yang menyediakan gaya dorong untuk terbang ke depan, serta sayap fixed-wing yang membantu memberikan gaya angkat. Sebelumnya US pernah beberapa kali bereksperimen dengan compound helicopter, yaitu dengan Sikorsky S-69, S-72, Piasecki X-49, serta Lockheed AH-56 Cheyenne.


Sumber: janes.com

Baca Juga:  Kapal Selam Rusia Terbakar, 14 Awaknya Tewas

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan