Bolivia Kecewa Dengan Kinerja Helikopter Harbin H425 Buatan China

Tentara Nasional Bolivia mengaku tida puas dengan helikopter multirole Harbin H425 buatan China. Tentara Bolivia membeli enam helikopter Harbin H425 pada tahun 2014 dan sudah dua tahun beroperasi di wilayah Bolivia dengan berbagai keluhan.

Pemerintah Bolivia menginvestasikan $ 104 juta Euro dalam pembelian Helikopter tersebut dari China National Aero-Technology Import & Export Corporation (CATIC), berikut suku cadang, aksesoris, dan simulator pelatihan pilot dan teknisi.

Sebuah laporan penggunaanya, Angkatan Udara Bolivia mengecam beberapa masalah terkait helikopter seperti dilansir oleh blog.24heures.ch


Menurut laporan itu, fungsi simulator pelatihan sama sekali tidak membantu untuk pelatihan karena beda versi dengan aslinya pada saat pemakaian helikopter. Paket suku cadang juga lebih cepat habis, sehingga teknisi sering kehabisan spare part saat membutuhkan. Tim pemeliharaan menghadapi banyak pengulangan servis karena ada  bagian yang cacat produksi sehingga harus diperbaiki berulang-ulang.


Helikopter H425 adalah versi baru yang dikembangkan dari Harbin Z-9. Desainya sendiri adalah versi “Cina” dari  helikopter EADS / Eurocopter AS365 Dauphin / Panther.

Baca Juga:  Pesawat Tempur F-15C Pernah Patah Jadi Dua Saat Latihan Dogfight

1 Komentar

Tinggalkan Balasan