Brasil Lakukan Uji Tembak Rudal Anti-Kapal MANSUP

Angkatan Laut dan kalangan industri Brasil pada akhir 2018 mencapai tonggak utama dalam upaya untuk mengembangkan kemampuan rudal anti-kapal permukaan-ke-permukaan dalam negeri, dengan uji coba terbang pertama rudal MANSUP (Míssil Antinavio Nacional de Superficie) .

Pada tanggal 27 November, Angkatan Laut Brasil meluncurkan prototipe rudal anti-kapal MANSUP dengan hulu telemetri dari korvet Cv Barroso (V34), sekitar 300 km di lepas pantai Rio de Janeiro. Tiga rudal diproduksi untuk uji coba penerbangan dan satu model uji fungsi atau MTF (Modelo de Teste Funcional) dibuat untuk aktivitas pengujian.

Ujicoba yang semula dijadwalkan untuk Oktober, “memungkinkan AL dan tim industri untuk melanjutkan pengembangan rudal tersebut,” kata juru bicara AL Brasil kepada Jane. “MANSUP secara signifikan berkontribusi terhadap basis teknologi dan industri pertahanan negara ini dan dengan demikian memberikan Brasil kemampuan teknologi dan otonomi untuk menyelesaikan siklus hidup senjata jenis ini,” tambahnya.

MANSUP dimaksudkan untuk menggantikan rudal anti-kapal MBDA Exocet MM40 Blok 1 AL Brasil saat ini dan dapat diluncurkan dari peluncur MBDA ITL-70A yang dipasang di beberapa kapal permukaan Angkatan Laut Brasil yang ada. Rudal MANSUP memiliki berat 860 kg (termasuk hulu ledak high-explosive blast fragmentation 154 kg), berukuran panjang 5780 mm, diameter 344 mm, memiliki rentang sayap 1.135 mm, dan memiliki jangkauan sekitar 70 km.

Baca Juga:  Rusia Berencana Kembangkan Rudal Supersonik Jadi Hipersonik

Avibras Indústria Aeroespacial merupakan penyedia propelan padat motor roket, memberikan rudal tersebut kecepatan transonic (antara Mach 0,8 dan 1,2) – dan safety and arming unit (SAU), item struktural termasuk sayap tubuh, dan perakitan dan pengujian rudal prototipe. Diketahui bahwa motor roket MANSUP memanfaatkan teknologi yang sebelumnya dikembangkan oleh Avibras untuk sistem propulsi 543 kg AV-RE 40 yang dirancang untuk mengganti motor roket rudal exocet MM40 Blok I AL Brasil.

Sumber : janes.com/TSM Angga Saja

1 Komentar

Tinggalkan Balasan