Bukan Kecelakaan, Pesawat Sukhoi TNI AU Hanya Pecah Ban Di Makasar

Komandan Sukhoi Skuadron 11 Letkol Vincentius bersama dua pilot pesawat Sukhoi turun dari pesawat saat mendarat di Bandara Hang Nadim Batam usai melakukan operasi di wilayah udara Kepri, Jumat (25/9). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

Sempat dikabarkan sebuah pesawat tempur Sukhoi mengalami kecelakaan kecil di Landasan Udara (Lanud) Hasanuddin, Makassar. Panglima Koopsau II, Makassar, Marsekal Muda TNI Dodi Trisunu, mengkonfirmasi, bahwa pesawat Sukhoi tersebut tidak mengalami kecelakaan tapi hanya tertimpa insiden pecah ban saat mendarat.

“Jadi bukan kecelakaan ya. Pesawat itu hanya mengalami ban kempes. Tapi saya tidak tahu persis ban bagian mananya yang kempes. Tapi sudah langsung diganti dan kembali terbang,” katanya.

Dodi pun mengatakan, ban kempes pesawat Sukhoi diketahui oleh pilot saat melakukan pendaratan setelah latihan rutin.

“Awalnya pesawat itu terbang latihan rutin dengan mulus. Tapi setelah mendarat, pilot merasa ban pesawat kempes. Tidak ada kerusakan lain pada pesawat Sukhoi itu. Pergantian ban di landasan pun dilakukan cepat, hanya sekitar 11 menit saja,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, salah satu dari sekian pesawat tempur Sukhoi yang disiagakan di Makassar mengalami kecelakaan di Landasan Udara (Lanud) Hasanuddin, Rabu (24/8/2016). Dalam kecelakaan itu, dikabarkan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden tersebut.

Baca Juga:  M79 Grenade Launcher, Kondang di Perang Vietnam

1 Komentar

Tinggalkan Balasan