Bukti Rudal Tor-M1 Yang Menghajar Pesawat Ukraina 752

Selain rekaman video, foto debrish dari rudal 9M331 jadi bukti sahih bahwa sistem rudal arhanud Tor-M1 yang menjadi penyebab jatuhnya pesawat boeing 737 milik Ukrainian International Airlines Flight 752. 180 orang tewas, kru dan penumpang.

Puing dan jasad manusia berceceran di lokaso jatuhnya pesawat Ukraina persis seperti MH17 Malaysia di Ukraina pada 2014. (Rouhollah VAHDATI / ISNA / AFP)

Jika awalnya hanya ada satu foto yang beredar di dunia maya, masih banyak yang ngeles atau beralasan jika itu adalah gambar recycled dari kejadian lama.

Namun setelah ada gambar kedua, bisa dibandingin bahwa itu adalah gambar baru dan asli, keduanya memperlihatkan konsistensi yang detil. Dinding saluran irigasi yang rusak, letak kerikil dan bungkus makanan plastik dalam kedua gambar tidak berubah.

Ada sebagian orang yang mempertanyakan bagaimana seeker head Tor masih bisa utuh setelah detonasi hulu ledak misi. Hulu ledak Tor tidak berada di bagian depan misil, namun di tengah (no. 13).

Pihak Ukraina telah meminta Black Box untuk dianalisa di Kyev, namun sampai sekarang pihak Iran masih belum menjawab. Kotak black box sendiri tidak mungkin hancur dalam kejadian ini.

Sebuah video yang diduga detik-detik pesawat Ukraina ditembak rudal di langit Teheran, Iran, tersebar di media.

Pihak Iran sendiri sampai saat ini masih membantah hal tersebut.
“Kisah tentang rudal yang menabrak sebuah pesawat sama sekali tidak benar. Rumor seperti itu tidak masuk akal,” Kepala Organisasi Penerbangan Sipil Iran sekaligus Wakil Menteri Transportasi, Ali Abedzadeh, seperti dilansir AFP pada Kamis (9/1).

Baca Juga:  Hanya 4 Pesawat Tempur Eurofighter Typhoon Luftwaffe (AU Jerman) yang Siap Tempur

Sumber foto:

Lihgting Ii Express

https://twitter.com/AricToler/status/1215275798447501312

3 Komentar

  1. Anda itu penulis artikel kok baperan… selama bukti hanya didapat dari media, jelas masih belum bisa di pastikan kebenaranya… saat ini jelas pihak barat dan koalisinya pasti menuduh Iran melakukan hal yang buruk, dan Iran pasti akan membela diri atau memang tidak melakukan apapun… yang pasti saat ini belum bisa dengan mudah menyatakan penyebab jatuhnya pesawat itu, meskipun kemungkinan jatuh karena tertembak misil juga sangat mungkin terjadi…

Tinggalkan Balasan